Lembaga Ini Buka Lowongan CPNS untuk Lulusan SMA, Catat Ya!

4390

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemerintah mulai membuka rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Formasi yang dibutuhkan pun diambil mulai dari lulusan perguruan tinggi hingga sekolah menengah atas atau kejuruan.

Pendaftaran CASN dibuka mulai 30 Juni hingga 21 Juli 2021. Tahun ini, ada 53 kementerian, 33 pemerintah provinsi, 484 pemerimtah kabupaten/kota yang sedang mencari pegawai.

Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) mengatakan, rekrutmen CPNS dan PPP3 Ada untuk lulusan SMA di beberapa formasi.

“Untuk SMA itu spesifik. Untuk sipir, penjaga tahanan atau penjaga rutan. Tidak perlu keahlian khusus,” ujarnya beberapa tahun lalu.

Selain itu, ada beberapa formasi lain yang diperuntukkan untuk lulusan SMA. Berikut rinciannya:

Baca Juga :   Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka, Simak Jadwalnya!

1. Kementerian Perhubungan

Ada 2.445 formasi yang disebar Kemenhub untuk lulusan SMA hingga S2. Formasinya tergantung unit kerja masing-masing tempat. 

2. Kementerian Hukum dan HAM

Kementerian ini jelas sekali membuka formasi untuk lulusan SM dan sederajat. Setidaknya ada 4.558 formasi yang dibuka untuk umum. Rinciannya yakni 253 formasi tenaga kesehatan, dan 4.305 formasi tenaga teknis.

Nah, bagi lulusan SMA sederajat, maka bisa mendaftarkan diri pada jabatan penjaga tahanan ataupun pemeriksa keimigrasian.

3. Badan SAR Nasional

Lembaga ketiga yakni Basarnas. Ada 248 formasi untuk lulusan SMA. Terdiri dari rescuer pemula, juru mudi, juru minyak, mualim kapal, kelasi kapal, markonis, masinis, hingga nahkoda.

Baca Juga :   Rekrutmen CPNS 2021, Pemkab Lumajang Prioritaskan Tenaga Kesehatan dan Infrastruktur

4. Kejaksaan Agung

Terakhir yakni Kejagung yang membuka 2 jabatan untuk lulusan SMA. Pertama yakni lowongan untuk tenaga administrasi penanganan perkara dengan 496 formasi. Kedua, pengawal tahanan atau narapidana ada 494 formasi. (may/ono)