“Usir” Pageblug, Warga Biting Pasang Orang-orangan di Depan Rumah

3071

Lumajang (WartaBromo.com) – Warga dusun Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Lumajang ramai-ramai pasang “orang-orangan” di depan rumah. Boneka orang ini dipercaya bisa mengusir wabah atau pageblug.

Dalam video berdurasi satu menit yang tersebar di sosial media, terekam “orang-orangan” yang terpasang di depan masing-masing rumah.

“Ini banyak sekali ditemukan patung-patung orang-orangan. Informasinya sekarang di dusun Biting ini banyak kejadian aneh. Seperti malam hari banyak orang ketuk-ketuk rumah,” ujar perekam video.

Hal inilah yang membuat warga ramai-ramai memasang orang-orangan di depan rumah. Patung dari kayu ini diberi baju, kemudian ditempel di pohon atau tembok depan rumah.

“Ini adalah pageblug. Jadi setelah berbagai ikhtiar dilakukan seperti salawat burdah, corona tidak kunjung habis. Untuk mengusir pageblug, masyarakat mempercayai ini dibuatkan patung,” jelasnya.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari warga setempat. Termasuk tokoh masyarakat di lokasi tersebut. (may/ono)