Hari Ini, Ranupani Diselimuti “Es”

1273

 

Senduro (WartaBromo.com) – Fenomena embun upas atau embun es kembali terlihat di kawasan Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Selasa (27/7).

Fenomena ini terjadi di dataran tinggi atau pegunungan. Suhu yang rendah mengakibatkan embun membeku sehingga terlihat seperti salju yang menutupi dedaunan.

Sukaryo, salah salah seorang Relawan Semeru dalam akun Instagramnya mengatakan fenomena embun es kembali terjadi di kawasan Ranupani pada pagi ini.

“Embun es menutup sebagian besar di sekitar Ranupani, embun es juga menutupi sebagian ladang masyarakat Ranupani,” tulisnya.

Dalam unggahannya tersebut juga ada foto yang menunjukan suhu di kawasan Ranupani pada selasa (27/7) pukul 6.29 WIB mencapai 4.6 derajat Celcius. Namun diperkirakan, dalam suasana yang lebih pagi suhu bisa mencapai 0-4 derajat Celcius.

Masih dalam unggahnnya, Cak Yo mengatakan fenomena tersebut merupakan perusak tanaman petani, utamanya tanaman kentang.

“Ini merupakan musuh bagi petani kentang di Desa Ranupani,” lanjutnya.

Sementara, Mamik Setyowati, Kepala Sekolah SMPN 2 Senduro yang kebetulan sedang bertugas di Ranupani mengatakan dirinya melihat fenomena tersebut mulai pukul 05.30 WIB.

“Mulai jam 05.30 sampai jam 07.30 mas,” terangnya.

Menurutnya, fenomena tersebut rutin terjadi di kawasan Ranupani saat musim kemarau dan menjadi daya terik tersendiri bagi wisatawan. (rul/may)