Oksigen Mulai Langka di Apotek

865
Pemkot Pasuruan saat menggelar sidak oksigen di salah satu apotek, Kamis (28/7/2021). Foto: Amal Taufik.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Disperindag, Satpol PP, dan Polres Pasuruan Kota melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah apotek. Oksigen yang biasa dijual di apotek saat ini langka.

Kepala Disperindag Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah mengatakan, sidak dilakukan setelah beberapa waktu lalu pihaknya membahas soal ketersediaan dan harga obat-obatan di Kota Pasuruan.

“Ini akan terus kami lakukan secara berkala. Untuk memantau obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat saat ini,” kata Yanuar.

Pada Kamis (28/07/2021) siang tadi, dijelaskan Yanuar, petugas mendatangi beberapa apotek di Kota Pasuruan. Petugas memastikan, harga obat-obatan tidak ada yang melampaui harga eceran tertinggi (HET).

Selain memastikan HET, petugas juga memastikan tidak ada penimbunan, baik obat-obatan maupun oksigen. Menurut Yanuar, temuan di lapangan obat-obatan seperti Ivermectin 12 mg, Bicon Zet, Azithromicyn masih tersedia dan dijual sesuai standar.

“Temuan di lapangan memang tidak ada yang melampaui HET dan tidak ada penimbunan,” ujar Yanuar.

Namun begitu, untuk oksigen yang biasa dijual di apotek, lanjut Yanuar, memang terjadi kelangkaan. Hal ini terjadi karena distribusi tabung oksigen saat ini diprioritaskan ke rumah sakit dan puskesmas.

“Tapi ini tadi kami dapat informasi agen isi ulang oksigen di Winongan dan Probolinggo. Nanti akan segera kami informasikan kepada masyarakat,” imbuh Yanuar. (tof/asd)