Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan

1100

Pasuruan (wartabromo.com) – Cemburu sebenarnya baik dimiliki pada sebuah hubungan. Hanya saja, tidak berlebihan. Jika tidak, malah membuat hubungan bermasalah dan berakhir kacau.

Memang, cemburu adalah salah satu tanda bahwa seseorang menyayangi pasangan. Sebab, itu jadi pertanda bahwa orang tersebut peduli dan tak ingin ada orang lain yang memiliki kekasihnya. 

Namun, cemburu yang berlebihan ternyata tak baik pula dimunculkan dalam sebuah hubungan. Nah, jadi bagimana cara mengatasi cemburu yang berlebihan? 

Dinukil dari beberapa sumber, berikut ini diantaranya: 

 1. Cari Tahu Penyebabnya 

Ada banyak pemicu seseorang jadi cemburu berlebihan. Mulai dari kecurigaan atas seseorang, sampai terlalu sibuk sampai kurang perhatian. Hal ini harus dicari tahu dahulu untuk kemudian bisa diselesaikan satu per satu.  

Baca Juga :   Asik Berdua di Kamar Kos, 7 Pasangan Remaja di Lumajang Diamankan Pol PP

Ingat-ingat perasaan, pikiran dan kejadian apa yang memicu rasa cemburu. Cobalah untuk menuliskannya di dalam sebuah notes dan susun semuanya. Kemudian, cobalah selesaikan satu per satu. 

2. Jangan Terlalu Bergantung pada Pasangan 

Meski pasangan bisa dibilang adalah belahan jiwa, namun alangkah baiknya untuk tetap memiliki kemandirian. Apalagi setelah beberapa tahun menikah, rasanya pasangan selalu ada di setiap aspek kehidupan. 

Tapi pastikan untuk tetap mengingat bahwa kalian berdua adalah dua individu yang berbeda, yang punya hidup masing-masing. Sebab, yang tadinya bukan hal besar bisa jadi masalah besar jika terlalu bergantung dan seakan tak punya kehidupan lain. 

3. Bicarakan Tentang Apa yang Dirasakan

Baca Juga :   Ini Tanda Kamu Sudah Bertemu dengan Pasangan yang Tepat

Membuat skenario sendiri di kepala bukanlah hal yang baik. Yang tadinya mungkin tak terasa mencurigakan, kini terlihat berbeda. Semakin sering berspekulasi, semakin besar rasa cemburu pada pasangan. 

Daripada hubungan jadi makin kacau dan terus bertengkar, sempatkan untuk duduk bersama dan bicara dari hati ke hati. Ungkapkan semua kekhawatiran pada pasangan. Pastikan untuk menyampaikannya dengan baik dan tanpa emosi. (trj/may)