Posko Siaga Covid-19 Gereja St. Antonius Padua Pasuruan Berbagi Makanan Gratis Kepada Masyarakat

1263

Pasuruan (WartaBromo.com) – Posko Siaga Covid-19 Gereja St. Antonius Padua Pasuruan berbagi kasih dengan masyarakat, Jumat (20/08/2021). Mereka membagikan ratusan nasi kotak kepada pengguna jalan.

Para relawan posko ini meletakkan meja yang di atasnya sudah ditata 100 nasi kotak di depan gereja. Masyarakat yang lewat dipersilahkan mengambil nasi kotak itu secara gratis.

Sejumlah tukang becak, petugas kebersihan jalan, pemotor, yang melintas di depan gereja pun berhenti untuk mengambil nasi kotak tersebut.

“Ini aksi kemanusiaan. Semoga dengan ini bisa membantu mereka yang penghasilannya turun selama pandemi,” kata koordinator relawan posko, Sutirta.

Pembentukan posko ini sendiri merupakan tindak lanjut Uskup Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan, O. Carm, supaya setiap paroki membentuk semacam posko untuk ikut meringan beban masyarakat, khususnya untuk umat Katolik sendiri.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Ukur Gedung SDN Gentong

Posko Covid-19 Gereja St. Antonius Padua Pasuruan sendiri dibentuk pada tanggal 22 Juli 2021 oleh Romo Paroki Ignatius Widodo dan romo pendamping Albertus Arif.

Posko ini berisikan sejumlah relawan dari pengurus gereja. Dikatakan Sutirta umat Gereja St. Antonius Padua berjumlah sekitar 2.000 orang yang tersebar di Kota dan Kabupaten Pasuruan.

“Saat ada 22 relawan dari 15 lingkungan (semacam kelurahan) se-Pasuruan Raya,” ujar Sutirta.

Para relawan ini bertugas melakukan pelayanan untuk umat Katolik seperti memberi edukasi kepada umat tentang pencegahan Covid-19 dan menyalurkan vitamin, obat-obatan, bagi mereka yang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri.

Para relawan dalam melakukan tugasnya juga dibantu oleh tenaga kesehatan sebagai konsultan. Misalnya terkait tindakan medis yang harus dilakukan saat ada yang merasa mengalami gejala atau memberi edukasi terkair alur jika ingin melakukan tes PCR atau rapid antigen.

Baca Juga :   Pemuda Wonorejo Dimassa Gara-gara Jambret Dompet isi Rp2 Ribu

“Posko siaga ini juga mendapat bantuan dari umat dan non umat baik dari warga Pasuruan sendiri maupun dari luar daerah berupa vitamin, masker, uang, untuk disalurkan,” imbuh Sutirta. (tof/**)