Pasar Loak Karangketug yang Terbakar Mulai Dibangun

520

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pasar Loak Karangketug yang terbakar pada bulan November tahun lalu mulai dibangun. Untuk pembangunan ini, Pemkot Pasuruan mengucurkan dana miliaran rupiah.

Dalam penelusuran di LPSE, lelang pembangunan Pasar Loak Karangketug ini dimenangkan oleh CV Arida dengan nilai Rp1,7 miliar. Anggaran pembangunan pasar ini bersumber dari APBD Kota Pasuruan tahun 2021.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah mengatakan, pembangunan dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2021.

Menurut Yanuar, waktu pengerjaan pembangunan pasar ini 120 hari. Ada 65 kios di blok pasar loak yang akan dibangun. Disperindag memastikan nantinya kios yang baru ini lebih bagus dari sebelumnya.

Namun begitu, tak hanya kios pasar loak, kios pasar burung yang berada di sisi timur blok pasar loak juga akan direhab, kemudian akses jalan hingga gapura di pintu masuk pasar juga akan direhab.

“Pengerjaannya tiga bulan. Kami harap bisa rampung dan pedagang kembali berjualan di tempat yang lebih representatif,” kata Yanuar.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Loak di Pasar Karangketug, Lasman mengaku, ia dan teman-temannya berharap pembangunan kios blok loak tepat waktu agar para pedagang bisa segera pindah dari kios darurat.

“Harapan kami pengerjaannya tidak molor. Ya kalau bisa tahun ini bisa ditempati,” kata Lasman.

Seperti diketahui, Pasar Loak Karangketug ludes dilahap api pada Rabu (04/11/2020) malam pukul 19.00 WIB. Akibat kebakaran ini, puluhan kios ludes terbakar. Pedagang pun merugi hingga puluhan juta. (tof/may)