Pemkot Pasuruan Ajukan Bantuan Keuangan untuk Benahi Tiga Pasar

665

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tiga pasar di Kota Pasuruan diusulkan dapat bantuan keuangan dari Pemprov Jawa Timur. Saat ini usulan tersebut masih digodok oleh pemprov.

Kepala UPT Pasar Kota Pasuruan, Ridho Wijaya mengatakan, tiga pasar yang diusulkan ke Pemprov Jatim antara lain adalah Pasar Bukir, Pasar Besar, dan Pasar Kebonagung.

Menurut Ridho, total usulan bantuan keuangan untuk pembangunan tiga pasar tersebut sebesar Rp16 miliar. Rinciannya, Rp5 miliar untuk pembangunan kios yang terbakar di Pasar Bukir dan pembangunan pagar.

Kemudian, revitalisasi Pasar Besar di antaranya membenahi bangunan kios, atap-atap pasar, dan gorong-gorong sebesar Rp10 miliar. Lalu revitalisasi food center di Pasar Kebonagung sebesar Rp1 miliar.

Baca Juga :   Ratusan Warga Trajeng Diswab, 21 Orang Positif dan Dikarantina

“Saat ini usulan tersebut masih diproses di pemprov,” ujar Ridho, Rabu (01/09/2021).

Beberapa waktu lalu, kata Ridho, pihak pemprov sudah datang ke Kota Pasuruan untuk meninjau kondisi tiga pasar yang diusulkan. Menurut Ridho, dari tiga pasar tersebut, yang prioritas adalah Pasar Bukir.

Hal ini karena pasar tersebut merupakan sentra mebel yang mana merupakan produk unggulan Kota Pasuruan. Dan selain itu, setelah peristiwa kebakaran pada tahun 2017, kondisi pasar sudah kurang representatif.

“Harapan kami bisa disetujui. Jika disetujui pembangunan mulai dikerjakan tahun depan,” imbuh Ridho. (tof/asd)