Gus Ipul Minta Maksimalkan Perlindungan Tenaga Kerja di Kota Pasuruan

1397
Gus Ipul Minta Maksimalkan Perlindungan Tenaga Kerja di Kota Pasuruan

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah Kota Pasuruan bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) menggelar Focus Group Discussion (FGD). Forum ini digelar untuk memaksimalkan perlindungan dan pengayoman bagi tenaga kerja di wilayah Kota Pasuruan.

FGD yang digelar Pemerintah Kota Pasuruan bersama BPJS Ketenagakerjaan di Hotel Horizon Kota Pasuruan ini membahas mengenai implementasi Permendagri Nomor 27/2021 dan Instruksi Presiden Nomor 2/2021.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf mengatakan, Universal Health Coverage (UHC) BPJS Ketenagakerjaan dan BPJAMSOSTEK harus segera tuntas 2 bulan lagi. Ia kemudian meminta semua mitra dari Pemerintah Kota Pasuruan sudah mendaftarkan pekerjanya dalam BPJAMSOSTEK.

“BPJS Ketenagakerjaan kita UHCnya sudah mencapai 98 persen, sementara BPJAMSOSTEK baru 24 persen. Segera tuntaskan 2 bulan lagi untuk ASN, THL, atau semua mitra dari Pemerintah Kota seharusnya dipastikan bahwa mereka mendaftarkan pegawainya dalam BPJAMSOSTEK,” ujar Gus Ipul dalam sambutannya, pada hari Senin (20/09/2021).

Tak hanya itu, mengingat setiap pekerja di Kota Pasuruan memiliki beban risiko masing-masing, Gus Ipul ingin memastikan semua pekerja mendapatkan jaminan perlindungan. Baik yang bekerja di sektor formal maupun informal.

“Ini yang menjadi PR kita, bagaimana Kota Pasuruan bisa menjadi contoh. Perlu dipikirkan strateginya, apakah kita bisa bekerjasama dengan Dinsos, Disnaker, dan DiskopUKM kita cover BPJAMSOSTEK juga BPJS Kesehatan pekerja,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan Gus Ipul, peningkatan kepesertaan BPJAMSOSTEK di Kota Pasuruan sangat perlu. Adapun upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menjadikan jaminan masa depan sebagai hal yang sama penting dengan BPJS Kesehatan.

“Kita perlu punya target, kalau bisa di akhir tahun 2021 ada peningkatan 10 persen atau tahun 2022 menjadi 70 persen,” tutupnya.

Sekadar diketahui, turut hadir dalam FDG, Wakil Wali Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan Camat se Kota Pasuruan. (trj/**)