Penyidik KPK Bongkar Sampah, Diduga Cari Dokumen yang Dibuang

3724

Dringu (wartabromo.com) – Penyidik KPK RI mengais sampah di depan kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kabupaten Probolinggo pada Rabu, 29 September 2021. Mereka mencari dokumen yang diduga dibakar oleh karyawan OPD itu.

Sejumlah petugas anti rasuah terlihat mengais tempat sampah di depan kantor yang terletak di selatan Jalan Daendels atau Pantura Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Mereka ditemani seorang pegawai wanita berhijab, yang diduga merupakan pegawai Disnak Keswan.

Kuat dugaan, penyidik mencari sejumlah dokumen yang mungkin sudah dibakar sebelumnya. Saat mengais tumpukan sampah itu, penyidik juga lakukan perekaman. Sejauh ini, belum diketahui, dokumen apa yang diburu anak buah Firly Bahuri itu.

Selain melakukan penggeledahan di Disnak Keswan, penyidik juga melakukan kegiatan serupa di OPD lain. Di antaranya Dinas Perikanan yang berlokasi di timur kantor Disnak Keswan. Juga di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) yang terletak di komplek perkantoran Dringu. Serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpussip) Kabupaten Probolinggo di Jalan dr. Soetomo Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan.

Di DKPP, penyidik membawa balik satu koper hitam dan satu kardus. Setelah sebelumnya, mengumpulkan beberapa pegawai, termasuk Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Mahbub ke ruang Sekretaris.

Dari foto yang didapat WartaBromo, petugas KPK membongkar sebuah brankas. Brangkas besi baja itu, bahkan harus digerinda. Agar isinya dapat dikeluarkan.

Saat ini, proses penggeledahan masih berlangsung di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Serta Kantor Dinas Perikanan, yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari Dinas Peternakan. (lai/saw)

Simak videonya: