Tips Mudah Investasi Emas Bagi Pemula

518

Pasuruan (wartabromo.com) – Salah satu invetasi yang dianggap paling aman adalah emas. Investasi ini pun bisa dikatakan paling mudah dilakukan dan fleksibel dibandingkan investasi lain.  

Kenapa? Sebab investasi emas memiliki risiko yang rendah dan dapat menahan kenaikan inflasi atau harga. Tak heran, jika kini investasi emas banyak digemari berbagai kalangan, termasuk anak muda. 

Namun, tak sedikit pula orang yang masih ragu berinvestasi emas. Nah, bagi Bolo warmo yang masih pemula dan ingin berinvestasi emas, baiknya perhatikan tips yang sudah dinukil dari beberapa sumber ini: 

1. Tentukan Tujuan dan Buat Perencanaan 

Tips pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dan membuat perencanaan. Jangan sampai hanya membeli emas, disimpan, lalu dijual sewaktu-waktu. 

Bolo harus punya tujuan, misalnya memilih investasi emas untuk biaya membangun rumah, dilakukan dalam beberapa tahun ke depan, untuk dana pendidikan anak 10 tahun lagi, atau untuk biaya naik haji. 

2. Sesuaikan dengan kemampuan Finansial  

Penting dipahami, dalam melakukan investasi haruslah dimulai dengan dana lebih. Misalnya, Apabila setiap bulan sudah memiliki surplus, maka kelebihan dana dapat dialokasikan ke dalam investasi agar berkembang untuk penggunaan masa depan. 

Jangan sampai mengorbankan seluruh penghasilan untuk mendapatkan keuntungan berinvestasi. Pastikan memiliki dana cadangan darurat sebelum berinvestasi. 

3. Perhatikan Waktu yang Tepat Untuk Berinvestasi Emas 

Saat sudah punya keinginan untuk berinvestasi emas, maka harus rajin memantau harga emas di pasaran. Selain itu, juga perlu mempelajari bagaimana kecenderungan tren pergerakan harga emas di pasaran. 

Hal ini menjadi penting karena untuk menentukan waktu terbaik guna membeli membeli atau menjual emas. Waktu yang tepat untuk membeli emas adalah ketika harganya sedang turun dan menjualnya ketika harganya naik. (trj/may)