Digelar Saat Pandemi, PORKAB Wajib Kantongi Ijin Satgas Covid-19 Jatim

1013

Probolinggo (WartaBromo) – Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo 2021, bakal digelar pekan depan. Plt Bupati Probolinggo mewajibkan KONI mendapat izin tertulis dari Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur.

Plt Bupati Timbul Prihanjoko mengungkapkan, pada dasarnya ia dan jajaran Forkopimda mendukung penyelenggaraan Porkab. Namun, ada syarat yang wajib dipenuhi oleh penyelenggara, dalam hal ini KONI Kabupaten Probolinggo. Yakni adanya izin tertulis dari Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur terkait even olahraga itu.

“Dengan catatan pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan ketat. Azas kehati-hatian haruslah dilakukan dengan baik menghindari terjadinya lonjakan kasus Covid-19. Harus ada koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Jawa Timur, agar sama-sama mengawasi,” tegas ia pada Jumat, 15 Oktober 2021.

Baca Juga :   Nama Bupati Pasuruan Dicatut Penipu, Hingga Bandar Sabu Ditembak Mati | Koran Online 2 Okt

Forkopimda dan KONI Kabupaten Probolinggo sudah membahas pelaksanaan Porkab pada Rabu, 13 Oktober lalu. Dalam pertemuan di pendapa rumah dinas Bupati Probolinggo itu, Timbul meminta KONI untuk mengurus izin ke Satgas Covid-19 Jatim. Lantaran adanya desakan dan masukan dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

“Suratnya kami buat dan antarkan ke Surabaya. Semoga responnya baik, sehingga acara Porkab yang sudah kami siapkan sejak setahun yang lalu itu. Tetap terselenggara dan tidak ada penundaan lagi,” sebut Ketua KONI Kabupaten Probolinggo, Sugeng Nufindarko secara terpisah.

Even olahraga di tengah pandemi berpotensi menjadi media penularan Covid-19. Apalagi Kabupaten Probolinggo berada di level 3 PPKM. Sehingga harus mengantongi izin dari banyak pihak. Utamanya pemangku kebijakan yang kompeten di tingkat atas.

Baca Juga :   Abrasi Hantui Pantai Probolinggo

“Kita adalah daerah satu-satunya di Jawa Timur yang menyelengggarakan Porkab. Sehingga Satgas Kabupaten meminta kita untuk izin dulu ke Satgas Provinsi, barangkali supaya turut dibantu diawasi,” lanjutnya.

Porkab bakal digelar pada 20 Oktober – 4 November 2021. Porkab terpusat di GOR Sasana Krida Kraksaan dan GOR Wijaya Maron. Tetapi ada 4 cabang olahraga (Cabor) yang untuk digelar di tempat lain. Yakni cabor sepakbola, atletik dan BMX di barat Stadion Gelora Merdeka Kraksaan. Serta cabor renang di Kolam Renang Jabung Paiton.

“Dinamika penanganan Covid 19 yang kian membaik di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Probolinggo menjadi pertimbangan KONI untuk mengaktifkan kegiatan keolahragaan berprestasi yang selama setahun vakum. Tentunya tetap mengedepankan kewaspadaan dan terus mematuhi protokol kesehatan,” tandas Sugeng. (saw/saw)