Pasutri Harus Tahu! Begini Tips Memilih Kondom yang Bagus, Aman dan Nyaman Digunakan

926
Tips memilih kondom berkualitas
Tips memilih kondom berkualitas

Pasuruan (wartabromo.com) – Kondom sering kali digunakan sebagai salah satu cara memuaskan pasangan suami istri (pasutri) dalam bercinta. Juga digunakan sebagai salah satu alat untuk mencegah penyakit menular seksual.

Sayangnya, tidak sedikit pasutri beranggapan, penggunaan kondom justru membuat bercinta menjadi tidak nyaman. Sebab, bahan terlalu tebal hingga berbau karet.

Padahal, sekarang ini sudah banyak kondom yang hadir dengan berbagai variasi. Mulai warna, bentuk hingga bahan. Lantas, bagaimana agar kondom bagus yang dipilih aman digunakan?

Dilansir dari hellosehat.com, berikut tipsnya:

1. Pilih yang Terbuat dari Bahan Lateks

Ada dua jenis kondom yang diperjual belikan, yaitu terbuat dari lateks dan bahan sintetis. Keduanya baik dan memiliki kelebihan masing-masing.

Namun, menurut Dokter spesialis Andrologi, Heru H. Oentoeng sebaiknya pilih kondom yang berbahan lateks. Sebab, lateks telah dirancang khusus sebagai alat kontrasepsi yang mampu mencegah penularan penyakit seksual.

“Kondom berbahan lateks juga elastis dan bisa ‘fit’ sesuai bentuk penis sehingga nyaman digunakan seolah-olah tidak memakai kondom,” kata Heru.

2. Sepakati Desain Kondom yang Hendak Digunakan dengan Pasangan

Sebagai pasutri, tentu sangat penting membicarakan soal penggunaan alat kontrasepsi. Lebih lagi soal desain, sebab penggunaan kondom bisa membantu pasangan untuk merangsang gairah seksual.

Nah, untuk itu sepakati lebih dulu desain kondom yang hendak dipilih. Lebih lagi saat ini kondom hadir dengan beragam desain, mulai bentuk twist atau dengan tekstur dotted.

3. Perhatikan Ulasan Produk

Tips memilih kondom yang bagus dan aman sebaiknya, baca dulu ulasan produk dari konsumen yang pernah memakainya. Bisa dilihat dari website resmi maupun toko resminya.

Ini akan membantu pasutri untuk mempertimbangkan jenis dan merk kondom yang hendak dibeli. Apalagi bagi pasutri yang masih baru menikah.

4. Cek Tanggal Kadaluwarsa Kondom Sebelum Digunakan

Tips yang tidak kalah penting diperhatikan adalah memperhatikan tanggal kadaluwarsa. Kenapa? Sebab, kondom yang telah lewat masa kadaluwarasa akan mudah sobek dan bocor ketika digunakan.

Tanggal kadaluwarsa kondom bisa dilihat pada kotak atau kemasannya. Pastikan juga untuk memakai kondom baru saat berhubungan intim dan jangan pernah pakai kondom bekas. (trj/may)

Baca juga: Waspada! Ternyata Ini Tanda Disfungsi Seksual Pada Wanita