Revisi Perbup Pilkades Probolinggo Disetujui Kemendagri

1755

Probolinggo (WartaBromo) – Revisi Perbup Probolinggo tentang Pilkades mendapat titik terang. Kepastian ini didapat setelah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) menyetujuinya pada Senin, 18 Oktober 2021.

Surat persetujuan itu ditandatangani dan diserahkan langsung oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik kepada Plt. Bupati Probolinggo, HA.Timbul Prihanjoko.

“Alhamdulillah, sudah disetujui oleh Kemendagri kemarin,” sebut Plt. Bupati Probolinggo pada Selasa, 19 Oktober 2021.

Ia menyebut persetujuan itu, didapat ketika dirinya beraudiensi dengan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Akmal Malik, di Jakarta. Dalam pertemuan itu, Plt Bupati Timbul mengajukan permohonan persetujuan tertulis beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan Rancangan Peraturan Bupati (Raperbup) tahun 2021.

Baca Juga :   Jawa Timur Waspada Cuaca Ekstrem Jelang Musim Penghujan

Salah satunya adalah Rancangan Peraturan Bupati Probolinggo tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Probolinggo nomor 1 tahun 2021 tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikar dan Pemberhentian Kepala Desa.

Dimana Pemkab Probolinggo saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan Pilkades serentak pada 2022 nanti. Pesta demokrasi tingkat desa itu, bakal digelar pada 17 Februari. Bakal diselenggarakan di 253 desa, yang saat ini kepala desa definitif dipegang oleh pejabat (Pj). Sedangkan tahap pendaftaran bakal dimulai pada akhir Oktober 2021.

“Persetujuan revisi itu, merupakan salah satu poin penting dan ditunggu masyarakat Kabupaten Probolinggo. Mengingat Perbup tersebut menjadi landasan pelaksanaan Pilkades serentak,” lanjut politisi PDIP tersebut.

Timbul berharap, tahapan-tahapan Pilkades serentak yang bakal digelar, berjalan kondusif. Karenanya ia meminta semua pihak yang terlibat meningkatkan kewaspadaan. Serta mempersiapkan seluruh tahapan dengan matang. “Sehingga dapat berjalan aman, damai dan kondusif. Tidak ada gejolak,” tandasnya. (cho/saw)

Baca Juga :   Ada 10.000 Warga Probolinggo Alami Katarak

Baca juga: Tagih Kepastian Pilkades, Ribuan Warga Probolinggo Geruduk Kantor Bupati