Vaksin Dosis 2 Golkar Bertambah, Warga Kabupaten Dapat Berkah

967
VAKSIN KEDUA: Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pasuruan, Rias Judikari Drastika (kiri) menyambut warga yang ikut vaksin kedua, Sabtu (30/10)

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Vaksinasi kedua yang digelar Partai Golkar di Kabupaten Pasuruan disambut lebih meriah. Jika pada vaksin dosis 1 diberikan kuota sebanyak 1.560 ludes, maka pada vaksin dosis kedua ditambah lagi. Kali ini jumlah vaksin mencapai 1.662 untuk warga. Ada tambahan sekitar 98 vaksin kedua dibanding dosis pertama.

Hal ini menjadi berkah tersendiri buat warga Kabupaten Pasuruan. Vaksin dosis kedua ini diinisiasi DPD Partai Golkar Provinsi Jatim. Di Kabupaten Pasuruan, pelaksanaan vaksin kedua Golkar digelar di kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Pasuruan. Berada di wilayah Desa Tambakrejo, Kraton. Vaksin dosis kedua ini dilaksanakan pada Sabtu (30/10).

Ditambahkannya kuota vaksin dosis 2 ini, menjadi bukti kalau Partai Golkar peduli pada warga Kabupaten Pasuruan. Utamanya pada warga sekitar kantor. Sebab, saat rapat koordinasi dengan aparat terkait, pihak desa berharap ada tambahan vaksin di Partai Golkar pada dosis kedua. Sehingga, warganya bisa berpartisipasi untuk ikut serta.

Dan benar, sejak pagi pukul 06.30 warga sekitar sudah mengantre. Namun, pihak panitia di DPD Partai Golkar sudah mengumumkan jika yang mendapat prioritas vaksin kedua, adalah mereka yang melakukan vaksin pertama di kantor Partai Golkar. Sehingga, warga diharapkan membawa kartu vaksin kedua, identitas diri, formulir dan Namanya tercantum di data base sebelumnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan keikutsertaan panjenengan semua. Ini luar biasa. Alhamdulillah, vaksin dosis kedua ini berlangsung lebih baik, tertib, lancar dan lebih sukses,” ujar Rias Judikari Drastika, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pasuruan.

TERIMA KASIH GOLKAR: Warga yang mengikuti vaksin merasa berterima kasih karena sudah ikut vaksin kedua di kantor partai Golkar

Sebelumnya, vaksinasi dosis pertama digelar Partai Golkar pada Minggu (26/9). Vaksin pertama ini dihadiri Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jatim, M Sarmuji dan beberapa pengurus lain, serta Bupati HM Irsyad Yusuf. Kuota dosis pertama sebenarnya hanya 1.000. Namun, animo masyarakat yang besar, vaksin ditambah oleh pihak Dinkes Kabupaten Pasuruan sebanyak 500 vaksin. Dan pada siang harinya masih ditambah lagi 60 vaksin oleh puskesmas setempat.

Vaksinasi tahap pertama dan kedua sampai overload. Melebihi dari target yang dicanangkan Partai Golkar Jawa Timur. Tingginya angka peminat vaksin yang dilakukan warga ini, lanjut Rias Judikari, salah satunya karena hasil koordinasi yang baik antara pihak DPD Golkar Kabupaten dengan jajaran terkait, pihak Pengurus Kecamatan, dan juga kepala desa sekitar.

CEK KESEHATAN: Sebelum vaksin, warga dicek kesehatan lebih dulu.

Mbak Ceri, panggilan akrabnya mengucapkan terima kasih kepada DPP dan DPD Partai Golkar Provinsi Jatim, Bupati Pasuruan beserta dinas Kesehatan dan nakes serta dinas terkait. Jajaran TNI/Polri, Kades Tambakrejo dan kepala desa sekitar kantor. Seluruh pengurus dan kader Golkar se Kabupaten Pasuruan. “Dan seluruh warga yang berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksin. Serta pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Yang paling menggembirakan dalam vaksin kedua ini, tidak ada kerumunan massa,” tegas istri Udik Djanuantoro, ketua DPD Partai Golkar sebelumnya ini.

Apa strateginya tidak sampai terjadi kerumunan massa? Menurut Ceri, karena pihaknya bersama panitia lain membagi jumlah warga dalam tiga gelombang. Gelombang pertama pada pukul 07.00 – 09.00 WIB. Jumlahnya sekitar 500 warga dari beberapa kecamatan. Kemudian, pukul 09.00 – 11.00 WIB, juga sekitar 500 warga lagi. Dan sisanya sekitar 600 warga, dibagi gelombang ketiga, mulai pukul 11.00 – 13.00 WIB.

DUKUNGAN: Kesuksesan vaksin kedua didukung sejumlah pihak termasuk para nakes.

Dengan pembagian tiga gelombang jam itu, membuat para tenaga Kesehatan (nakes) juga tidak kewalahan. Ada 36 nakes dan satu dokter jaga yang diterjunkan dalam pelaksanaan vaksin kemarin. “Sampai pukul 12.00, kami bisa memperkirakan jumlah vaksin yang belum terpakai. Dan ini bisa kita koordinasikan dengan perangkat desa Tambakrejo untuk mengirimkan warganya lagi,” tegasnya.

Dan benar, setelah dihitung panitia, masih ada sisa sekitar 100 vaksin yang bisa digunakan untuk warga sekitar. Hal ini membuat perangkat dan warga Tambakrejo sumringah. Karena sebelumnya, warga Tambakrejo pada jam awal sudah mendapatkan sekitar 450 vaksin. Sehingga total warga sekitar yang mendapatkan vaksin sebanyak 550 dosis. “Terima kasih Golkar. Akhirnya saya dan teman-teman bisa mendapatkan vaksin kedua,” ujar salah satu warga. (day/*)