Pantau Tahapan Pilkades, Plt Bupati Probolinggo Ingatkan Prokes

657

Probolinggo (WartaBromo) – Plt. Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko memantau tahapan Pilkades 2022 di sejumlah instansi pada Senin, 1 November 2021. Ia pun meminta petugas untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Memastikan kesiapan dan SOP (Standar Operasional Prosedur) pelayanan yang diberikan bagi bakal calon kepala desa yang membutuhkan surat keterangan,” sebut Timbul Prihanjoko.

Instansi pertama yang didatangi bersama sejumlah pejabat Forkopimda Kabupaten Probolinggo, yakni Dinas Pendidikan setempat di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan. Instansi yang melayani legalisir ijazah bagi bakal calon kepala desa (Bacakades) di 253 desa.

Berlanjut ke Kantor Inspektorat Kabupaten Probolinggo yang memberikan layanan penerbitan surat keterangan perihal capaian kinerja dalam laporan keuangan desa (LKD). LKD selama masa jabatan itu, dibutuhkan oleh mantan kepala desa yang akan maju kembali dalam kontestasi Pilkades.

Baca Juga :   Warga Ngepoh Tanam Pisang di Jalan Rusak

Polres Probolinggo tak luput dari inspeksi. Di lokasi ini, loket pelayanan SKCK, surat keterangan bebas narkotika dan surat tidak sebagai pengedar narkotika menjadi perhatian. Karena berkaitan dengan dokumen yang akan diterbitkan oleh instansi lain.

Seperti surat keterangan tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo. Juga surat tidak pernah dijatuhi pidana penjara 5 tahun atau lebih dan surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya dari Pengadilan Negeri Kraksaan.

Pemantauan terakhir di RSUD Waluyo Jati Kraksaan yang memberikan layanan penerbitan surat keterangan sehat jasmani dan rohani. “Alhamdulillah dari hasil pemantauan yang kami lakukan bersama jajaran Forkopimda di beberapa instansi ini, semuanya berjalan dengan lancar,” lanjut ia.

Baca Juga :   Angkutan Umum Dilarang Beroperasi, Organda Probolinggo Tuntut Ini

Tahapan pelaksanaan Pilkades serentak 2022 dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, Timbul meminta panitia menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami akan terus mengingatkan dan memantau panitia Pilkades agar terus menjaga protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya, sehingga pelaksanaan Pilkades serentak 2022 ini, dapat berjalan dengan lancar dan aman Covid-19,” tandas politisi PDIP itu.

Dalam pemantauan itu, Plt Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko didampingi Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono, dan Wakalpolres Probolinggo Kompol Nur Halim.

Ada juga Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David Palapa Duarsa dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan I Made Yuliada. Serta Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono serta sejumlah Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo. (saw/saw)