Jurus Jitu Rawat Motor Jadul Agar Peforma Tetap Bagus

720

Pasuruan (wartabromo.com) – Dalam hal perawatan, motor jadul memang membutuhkan perhatian ekstra dibandingkan motor keluaran terbaru. Ini disebabkan komponen yang ada di dalam motor jadul sudah termakan usia.

Perawatan yang dilakukan tak boleh sembarangan. Sebab, apabila sampai ada komponen atau bagian body yang rusak, sulit untuk cari gantinya.

Atau malah semakin merusak sehingga motor tak dapat digunakan lagi. Wah, tentu sangat disayangkan, bukan? Apalagi kini beberapa motor jadul bisa dijual dengan harga tinggi.

Baca juga: 3 Motor Jadul Tahun 90’an yang Berharga Jual Tinggi

Nah, apabila Bolo warmo punya motor jadul, sebaiknya pahami cara merawat yang tepat agar performa motor tetap bagus. Dinukil dari kompas.com, ini cara yang bisa dilakukan!

Baca Juga :   Yuk, Kenali Ciri-Ciri Mesin Motor yang Diisi BBM Oplosan

1. Servis dan Ganti Oli Secara Rutin

Sebagaimana diketahui, sebagian besar motor jadul tak dilengkapi dengan sistem pendingin. Sehingga pastikan untuk melakukan servis dan mengganti oli secara rutin.

Ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan motor. Ada yang sebulan, tiga bulan atau enam bulan sekali. Untuk lebih aman, sebaiknya konsultasikan dengan montir yang berpengalaman di bidang motor jadul.

Oli motor berkualitas dengan harga terjangkau bisa beli di sini.

2. Rutin Periksa Komponen yang Rawan Rusak

Bagi pemilik motor jadul sudah pasti paham komponen mana yang rawan rusak. Nah, pastikan untuk rutin memeriksanya paling tidak seminggu sekali.

Ini dilakukan agar saat motor digunakan tidak mengalami kerusakan di tengah jalan. Belum lagi saat ini sangat sulit menemukan bengkel yang mahir memperbaiki motor jadul.

Baca Juga :   Tak Melulu Tertancap Benda Tajam, Ini Penyebab Lain Ban Bocor

Perlengkapan motor bisa dibeli di sini.

3. Gunakan Bahan bakar dengan Oktan Tinggi

Penting diketahui, motor jadul sebaiknya diisi dengan bahan bakar beroktan tinggi. Kenapa? Sebab bisa menjaga peforma mesin motor agar tetap bagus dan nyaman digunakan. (trj/may)