3 Tarian di Indonesia yang Terkenal Mistis

912

Pasuruan (wartabromo.com) – Indonesia merupakan negara yang terkenal akan budaya kesenian. Salah satu seni yang terkenal adalah tarian.

Kesenian tari di Indonesia sudah lahir sejak zaman dulu. Tapi, tahukah bolo kalau beberapa tarian di Indonesia ada yang setiap gerakannya terkenal mengandung unsur mistis?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini tarian yang terkenal mistis:

1. Tari Jaran Kepang

Tari Jaran Kepang berasal dari wilayah Pulau Jawa, mulai dari Provinsi Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Tarian ini cukup menyeramkan karena ditengah pentas sang penari akan mengalami kerasukan dan bertindak liar.

Tak hanya itu, para penarinya juga akan kebal dari semua benda tajam seperti keris dan golok. Paku, beling, hingga jarum juga akan dimakan langsung tanpa meninggalkan luka apapun di tubuh.

Baca Juga :   Pertama Kali, Nama 'Indonesia' Dipakai Jurnalis Skotlandia Tahun 1850

2. Tari Salai Jin

Tarian asal Ternate, Maluku Utara ini terkenal dengan tarian yang penarinya berjumlah ganjil. Konon, para nenek moyang masyarakat Ternate menggunakan tarian ini untuk berkomunikasi dengan jin.

Mereka akan meminta bantuan pada para jin untuk menyelesaikan berbagai persoalan manusia. Saat menari akan ada roh halus yang merasuki para penari.

3. Tari Bedhaya Ketawang

Tari Bedhaya Ketawang berasal dari Yogyakarta dan dilakukan setiap tahun pada peringatan kenaikan takhta Raja Keraton. Penarinya pun harus seorang wanita yang masih perawan dan tidak sedang haid.

Nah, konon sebelum menari para wanita tersebut harus melakukan puasa. Bahkan, saat tari digelar, Ratu Pantai Selatan akan tampil sebagai penari ke-sepuluh. (trj/may)