Mulai Ada Intimidasi Jelang Pilkades di Lumajang, Polisi Siagakan Ratusan Personel

482

Lumajang (WartaBromo.com) – Sebanyak 32 Desa di Kabupaten Lumajang dijadwalkan akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak pada 2 Desember 2021 esok. Untuk mengantisipasi berbagai hal, pihak Polres Lumajang menyiagakan ratusan personel

“Pengamanan pilkades itu digelar mulai tanggal 1-3 Desember. Semuanya all out di lapangan. Melaksanakan patroli dan pengamanan,” terang Kapolres, AKBP Eka Yekti Hananto Selasa, (30/11)

Setidaknya ada 962 personel yang disiagakan. Rinciannya dari Polda Jatim baik Brimob maupun Sabhara, masing-masing 100 personel. Ditambah dari beberapa polres terdekat 313 personel. Sementara dari Polres Lumajang sendiri ada 449 anggota.

Pembagian jumlah personel selama pengamanan demokrasi itu, dilakukan sesuai dengan tingkat kerawanan dari masing-masing Desa yang saat ini tengah mengikuti Pilkades serentak. Beberapa desa juga telah dipetakan dalam kategori rawan.

“Tingkat kondisi dari masing-masing Desa sudah kami petakan. Itu juga sudah kita paparkan ke semua aparat yang terlibat dalam pam Pilkades mendatang,” bebernya.

Dikabarkan, ada beberapa tindakan yang sudah nampak pada beberapa desa yang dinilai bisa merusak demokrasi itu akan dicegah, salah satunya soal intimidasi. Bahkan ada yang sempat diintimidasi yang menjurus pada tindakan kriminal.

“Beberapa Desa sudah mulai terlihat intrik-intrik gak baik. Sekecil apapun tindakan yang merusak demokrasi akan kami cegah termasuk tindakan intimidasi. Tanggal 1 besok, harus betul-betul kondusif. Kalau ada salah satu Desa terjadi keributan ketika Pilkades, langsung saya pending untuk pencoblosan,” tegas Kapolres. (rul/may/ono)