Update Erupsi Semeru: Korban Meninggal Sudah 34 Orang

752

Lumajang (WartaBromo.com) – Sebanyak 12 korban berhasil ditemukan pada hari ke-3 pencarian pascaerupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021) lalu.

Dengan demikian, hingga Selasa (7/12/2021) petang, jumlah korban jiwa akibat peristiwa ini mencapai 34 orang. Lima orang di antaranya meninggal saat dalam perawatan akibat luka bakar yang sangat serius.

Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana erupsi Semeru, Kol. Inf. Irwan Subekti, mengatakan, hingga saat ini, jumlah kerugian akibat peristiwa ini terus beetambah.

“Sampai dengan saat ini, jumlah korban jiwa yang tercatat di posko kami adalah 34 orang, inj yang terdata,” katanya, Selasa (7/12/2021) malam.

Selain korban tewas, jumlah warga yang belum diketahui keberadaannya sebanyak 22 orang. Menurut Irwan, data tersebut berdasar laporan yang masuk. Baik dari pihak desa maupun RT-RW di wilayah terdampak.

Baca Juga :   Peduli Erupsi Semeru, PT Indonesia Power Grati POMU Salurkan Bantuan

Menurut Irwan, sampai saat ini, jumlah pengungsi yang terdata mencapai 4 ribu lebih. Mereka tersebar di berbagai lokasi. Sedangkan jumlah rumah rusak sebanyak 2.205 unit.

Di sisi lain, Plt. Kepala Pusdatin BNPB Abdul Muhari mengatakan, cuaca buruk serta kondisi material yang masih panas menjadi kendala dalam operasi pencarian. Karena itu, kegiatan pencarian dilakukan dengan tetap memperhatikan keselamatan personel. (lai/may/asd)