Tips Ciptakan Keluarga yang Harmonis dan Bahagia

784

Pasuruan (wartabromo.com) – Punya keluarga yang harmonis tentu jadi dambaan setiap orang. Sayangnya, tak semua orang beruntung memiliki keluarga seperti ini.

Ada yang beranggapan, keharmonisan dalam rumah tangga yang paling utama dipengaruhi faktor ekonomi. Padahal, tidak demikian dan sebuah keluarga harmonis bisa diciptakan.

Begini tips dari sehatq.com yang bisa dilakukan agar keluarga bisa harmonis dan bahagia:

1. Saling Menghormati

Kunci keluarga harmonis adalah saling menghormati satu sama lain, baik antara suami istri hingga anak-anak. Ajarkan sikap dan sifat saling menghormati sejak dini.

Adapun perilaku saling menghormati ini bisa dilakukan dengan cara mendengarkan apa yang dikatakan setiap orang. Ajarkan untuk tidak memotong pembicaraan atau sering mengkritik sebelum penjelasan dari orang tersebut selesai.

Baca Juga :   Ini Risiko Sering Cek Ponsel Setiap Bangun Tidur

2. Saling Bertukar Cerita

Tak banyak orang menyadari jika kebiasaan saling bertukar cerita bisa jadikan sebuah keluarga harmonis. Kok bisa? Pasalnya, dengan bertukar cerita dapat menumbuhkan rasa kepercayaan dan ketenangan saat berada di dalam rumah.

Hal ini bisa diajarkan juga pada anak sejak dini. Misalnya, mintalah mereka bercerita tentang apa saja yang dialami di sekolah, tempat kerja atau sepulang dari bermain.

Apabila tindakan ini dibiasakan, maka lama kelamaan akan membuat jalinan erat antar orang tua dan anak. Juga akan merasakan bahwa keluarga adalah tempat sebaik-baiknya untuk berkeluh kesah.

3. Hindari Berburuk Sangka

Rasa khawatir memang sering kali muncul dalam sebuah hubungan keluarga. Baik antara orang tua dengan anak ataupun antara suami dan istri.

Baca Juga :   Begini Cara Menghadapi Anak Durhaka pada Orang Tua

Sebenarnya, boleh saja khawatir tetapi jangan berlebihan hingga muncul perasaan buruk sangka. Sebab, bermula dari buruk sangka berbagai tuduhan kemungkinan akan muncul.

Bila sudah demikian, maka yang timbul adalah pertengkaran dan menjadikan rumah tangga jadi runyam. (trj/may)