Pembangunan Huntara Korban Semeru Dipercepat, Target Sebulan Rampung

557
Pembangunan Huntara Korban Semeru Dipercepat, Target Sebulan Rampung
Gubernur Jatim dan Bupati Lumajang saat meninjau pembangunan huntara.

 Candipuro (WartaBromo.com) – Pemerintah mengebut pembangunan hunian sementara (huntara). Ditargetkan dalam satu bulan, huntara sudah selesai dibangun.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur mengatakan, proses pemadatan lima jalan desa di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro sudah mulai dilakukan. Selain itu, patokan-patokan juga sudah dibuat.

“Saya sendiri tidak menyangka ada percepatan luar biasa dari pembangunan huntara ini. Huntara kemungkinan satu bulan selesai,” ujarnya kepada awak media pada Rabu (5/1/2022).

Tak hanya sekedar membangun, huntara ini dipersiapkan sudah layak huni. Sebab, terintegrasi dengan fasilitas umum, juga mengedepankan akses ekonomi. Khofifah pun mengapresiasi adanya semangat dari semua pihak termasuk relawan untuk membantu.

“Masih banyak yang tanya ke saya, apa yang musti dibantu. Ya mungkin bisa nanti kalau sudah pindah ke sini, semua barang siap, seperti pecah belah. Sebab mereka kan juga mulai memasak ya. Begitu,” jelasnya.

Pernyataan Khofifah juga diamini oleh kepala tukang pembangunan Huntara, Ainul Yakin. Ia mengungkapkan, apabila semua bahan telah lengkap, maka bakal cepat rampung. Ketahanan huntara ini pun tak main-main, bisa sampai 5 tahun.

“Satu unit lengkap semua bisa 2 hari jadi,” jelas Yakin.

Selain mempercepat pembangunan huntara, lima jalan desa juga sudah dilakukan pengerasan oleh petugas. Jalan ini jadi akses utama warga untuk beraktivitas.

Ada juga beberapa fasilitas umum yang diprioritaskan. Penyudetan sungai juga dilakukan, sebab Semeru masih kerapa meningkatkan aktivitas yang berimbas adanya lahar dingin. (lai/may/ono)

Baca juga: 1.500 Hunian Sementara Korban Erupsi Semeru Mulai Dibangun