Direktur PDAM Kota Pasuruan Tiba-Tiba Mundur, Ada Apa?

1520

Pasuruan (WartaBromo.com) – Direktur PDAM, Robert Balbut mundur dari jabatannya. Kini pucuk pimpinan BUMD tersebut dijabat plt.

Kinerja Robert dalam beberapa waktu belakangan memang sering mendapatkan sorotan. Layanan aduan milik pemkot, E-Sambat bahkan kerap menerima keluhan dari masyarakat terkait pelayanan PDAM.

Anggota Komisi II DPRD Kota Pasuruan, Sabilal Rasyad Tuanaya sebelumnya juga menyebut pelayanan PDAM terhadap keluhan masyarakat itu belum jelas, bahkan kerap diabaikan.

“Masyarakat ngadu ke kita. Begitu kita yang protes baru ditindaklanjuti. Masa nunggu anggota dewan dulu yang protes,” kata Sabilal.

Tak hanya itu, tahun ini PDAM Kota Pasuruan tidak mendapat hibah sambungan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah dari pemerintah pusat.

Baca Juga :   Berbulan Air Mati, Tagihan PDAM Tetap Mengalir

Padahal tahun-tahun sebelumnya, duit hibah tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun 500 hingga 700 sambungan rumah masyarakat berpenghasilan rendah.

Sementara itu Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo membenarkan mundurnya Robert Balbut dari jabatan Direktur PDAM. Robert mundur pada Rabu (26/01/2022) kemarin.

Soal alasan Robert, Adi hanya mengatakan bahwa Robert memiliki kesibukan lain. Untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, pemkot menunjuk Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Yudi Harnendro, sebagai Plt. Direktur.

“Jabatan Direktur PDAM selanjutnya akan dilelang secara terbuka,” kata Adi.

Ia berharap proses pengisian jabatan ini segera berjalan cepat. Direktur yang baru nantinya diharapkan mampu melakukan pembenahan, sehingga pelayanan PDAM makin baik.

Untuk diketahui, Robert Balbut menjabat sebagai Direktur PDAM sejak 2015 hingga 2020. Kemudian oleh Plt Wali Kota Pasuruan saat itu, Raharto Teno Prasetyo, jabatan Robert diperpanjang. (tof/asd)