Viral Pedagang Bakso Pura-pura Jatuh, Diduga Supaya Dikasihani Warga

2988

Salatiga (WartaBromo.com) – Sebuah video penjual bakso tiba-tiba jatuh di jalan beredar di dunia maya. Diduga, penjual bakso ini berpura-pura jatuh untuk dikasihani warga.

Video ini mulainya beredari di media sosial Facebook, pada Kamis (3/2/2022). Gambar berdurasi 25 detik itu diunggah oleh akun Nisa Anisah dalam grup Hot News.

“Awas Modus Baru! Terekam kamera CCTV modus seorang tukang bakso yang pura-pura jatuh agar warga di sekitar lokasi mau membantu dan memberikan uang. Selalu waspada dan hati-hati. Kota Salatiga,” tulisnya.

Dalam video terlihat seorang tukang bakso yang menaiki motor melaju dengan pelan di belokan sebuah jalan. Seperti mengawasi situasi, motor kemudian berhenti sebentar.

Baca Juga :   Tak Ada Cuti Panjang Karyawan, hingga Kota Pasuruan Dapat Rp2,14 Miliar dari Pungutan Parkir | Koran Online 17 Feb

Tak lama, Ia menjatuhkan dirinbersama motornya. Akibatnya, bakso pun berjatuhan. Kecurigaan ini menguat setelah tangan dari penjual bakso membalik ember supaya tengkurap.

Setelah itu, satu persatu warga mulai berdatangan ke lokasi yang mulanya sangat sepi itu. Kemudian mereka menolong tukang bakso tersebut.

Usut punya usut, peristiwa ini terjadi di Perum Asabri, Kecamatan Agromulyo, Kota Salatiga. Kejadian ini diketahui pada Rabu (2/2/2022).

Suprapto, warga sekitar mengatakan ada teriakan minta tolong saat itu. Warga pun keluar dan melihat tukang bakso jatuh.

“Niat warga hanya menolong, kejadian akting tersebut diketahui setelah warga melihat CCTV yang terpasang di dekat masjid,” katanya dilansir dari Kompas.

Baca Juga :   Koran Online 11 Sept : Remaja Putri Ngaku Dihamili Kades, hingga Calon Kades Tak Harus Domisili di Wilayah Pencalonan

Setelah itu, warga menepikannya ke Masjid. Melihat kondisi ban yang bocor, warga kemudian memanggilkan tukang tambal ban. Karena kondisinya yang sempat berteriak, dan takut ada luka, maka warga memangil perawat. Namun ternyata kondisi pria itu baik-baik saja.

“Dia mengatakan harus setoran ke juragannya Rp 300.000, namun karena dagangan jatuh dia mengaku bingung. Arah pembicaraannya meminta uang ke warga, dia berharap ada yang kasihan kemudian membantu uang setoran,” lanjutnya.

Warga kemudian meninggalkan pria tersebut. Karena mencurigakan, akhirnya diceklah CCTV masjid.

Alhasil warga mendapati pria tersebut hanya akting. “Yang jatuh juga cuma bakso yang ada di ember dan air sedikit, pancinya sepertinya kosong karena tidak ada kuah yang tumpah. Jadi, ini memang niatnya menipu,” tandasnya. (may/ono)