Tips Memilih Durian Agar Tak Tertipu

3007

Pandaan (wartabromo.com) – Baru-baru ini seorang pembeli durian di Pasar Wisata Cheng Ho mengaku ditipu penjual. Sebab, durian yang dibelinya ternyata dalam keadaan kosong, atau sudah tak ada buahnya.

Perisitwa ini pun bikin geger warganet. Banyak warga yang mengecam penjual tak amanah. Tak sedikit pula yang menyarankan pembeli berhati-hati dalam memilih durian.

Nah, untuk menghindari kejadian serupa, sebaiknya bolo warmo ikuti tips berikut sebelum membeli durian. Selain untuk menghindari agak tak tertipu, juga bisa mendapat durian yang enak lho. Simak ya!

  1. Pastikan kulit durian tertutup

Anda harus melakukan pengecekan, kulit durian tertutup sempurna. Baik dari indikasi sudah dibuka sebelumnya, maupun karena jatuh dari pohon.

Baca Juga :   Saldo ATM-mu Tiba-Tiba Raib? Kenali Skimming dan Cara Menghindarinya

Apabila durian dalam keadaan sudah ditali, sebaiknya dibuka saja talinya. Kemudian teliti satu persatu.

Selain supaya tidak ditipu, juga menjaga cita rasa durian. Sebab apabila kulit terlihat terbuka sedikit saja, itu berarti sudah ada udara yang masuk. Citar rasa pun bakal terpengaruh.

2. Coba durian

Beberapa penjual yang menjaga kualitas dan pelanggan, tak ragu untuk menyodorkan tester. Mereka bahkan menjamin rasa dunia enak. Jika tidak, maka uang kembali.

Jangan ragu membeli kalau sudah begitu. Coba saja durian yang ditawarkan, tentu di lapak mereka.

Tapi jangan sekali-kali berbohong ya. Jika memang sesuai klaim, bayar durian tersebut secara full.

3. Bentuknya bulat

Durian yang lezat cenderung berbentuk bulat. Biasanya cita rasa bakal lebih enak dan isinya padat. Durian yang bentuknya tak bulat sempurna, biasanya ada yang kopong.

Baca Juga :   Pemkot Pasuruan Terbitkan Regulasi New Normal

4. Mengeluarkan bunyi gema di dalamnya

Durian yang matang, jika dipukul menggunakan pisau makan akan bergema di dalamnya. Kalau sudah begitu, biasanya daging sudah empuk.

Namun, apabila masih mentah, biasanya bunyi akan memantul. Begitupun jika kosong. Suara yang ditimbulkan berbeda seperti ada pantulan.

5. Cium aroma

Cara ini sering dilakukan oleh banyak orang. Cium aroma durian sebelum membeli. Apabila aromanya kuat, maka biasanya buah sudah matang. Namun jika sudah samar, bisa jadi tidak ada duriannya atau buah belum masak.

Itu dia beberapa tips membeli durian. Memang susah-susah gampang ya dalam memilih durian.

Untuk itu, biasanya beberapa pecinta durian sudah punya penjual langganan. Selain karena sudah percaya kemampuan memilih durian yang baik, juga untuk menghindari adanya penipuan. (may/ono)