Cakades “Boneka” Nihil Suara di Penambangan

2767

Pajarakan (WartaBromo) – Kontestasi Pilkades di Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo tak berimbang. Duel antara petahana dengan penantang menghasilkan skor 1.287 : 0.

Pilkades di desa yang berbatasan dengan pesisir utara Kabupaten Probolinggo ini, diikuti oleh 2 orang. Yakni Hasanuddin selaku incumben dengan nomor urut 1. Ia ditantang Subahnan dengan nomor urut 2. Ada 5 tempat pemungutan suara (TPS) yang disediakan panitia pemilihan.

Dalam pemungutan suara pada 17 Februari 2022, Hasanuddin menang mutlak atas lawannya. Calon kepala desa (Cakades) itu, mendapat dukungan 1.287 suara rakyat. Sementara Subahnan tak mengantongi satu pun suara alias nol kosong. Cakades tersebut bahkan tak mencoblos dirinya sendiri.

Baca Juga :   Hendak Ditanam, Ribuan Bibit Mangrove di Wisata Pantai Duta Dirusak

Usut punya usut, ternyat Subahnan adalah sepupu Hasanuddin. Cakades yang dipasang untuk menyesiasati peraturan yang berlaku alias Cakades boneka.

“Lawan saya, ya sepupu saya sendiri,” ujar Hasanuddin.

Hasanuddin mengakui kepercayaan warga pada dirinya cukup tinggi. Sehingga kembali dipercaya memimpin Desa Penambagan untuk periode kedua. Hal itu tak lepas dari pelayanannya sebagai kepala desa dianggap memuaskan masyarakat.

“Alhamdulillah, masih kembali diberi kesempatan dan dipercaya oleh masyarakat untuk mengabdi, berdedikasi ke desa. Kalau situasi dan kondisi mulai dari pencoblosan sampai penghitungan suara sangat kondusif,” kata pria yang juga advokat tersebut.

Lukman Hakim, tokoh masyarakat setempat mengatakan, terpilihnya Hasanuddin sebagai Kades Penambangan memang murni keinginan masyarakat. Ia berharap desa penghasil garam itu, lebih maju lagi.

Baca Juga :   2.000 Pasukan Amankan Kunjungan Jokowi di Probolinggo

“Kalau saya pribadi tentunya dan pasti selalu mendukung langkah untuk perbaikan Desa Penambangan kedepannya,” ucap Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo itu.

Sementara itu, Kapolsek Pajarakan AKP Sugeng Harianto menyebut, gelaran Pilkades di wilayahnya berlangsung kondusif.

“Alhamdulilah terkendali. Bagi yang terpilih, semoga bisa memberikan yang terbaik untuk desanya masing-masing dan kami harap juga tidak ada perayaan besar-besaran yang mengundang kerumunan,” katanya. (cho/saw)