Tiga Rumah di Pohjentrek Hancur Diterjang Banjir

842
Rumah milik Kamil, warga Kecamatan Pohjentrek yang hanya menyisakan tanah usai diterjang banjir akibat luapan Kali Welang, Selasa (8/3/2022) malam. Foto: WartaBromo.

Pohjentrek (WartaBromo.com) – Banjir melanda sejumlah titik di wilayah Kabupaten Pasuruan. Di Kecamatan Pohjentrek, tiga rumah rusak parah diterjang banjir. Satu di antaranya bahkan rata dengan tanah.

Peristiwa tersebut terjadi tepatnya di Desa Sukorejo, Kecamatan Pohjentrek, pada Selasa (08/03/2022) malam.

Dalam pantauan WartaBromo, terlihat saat ini warga Desa Sukorejo mulai kerja bakti membersihkan rumah maupun jalan-jalan permukiman dari lumpur-lumpur bekas banjir.

Ahmad Dahlan, salah satu warga setempat mengatakan, debit Sungai Welang tadi malam cukup tinggi hingga meluber ke pemukiman. Ketinggian air di pemukiman warga pun disebutkan sempat mencapai 1,5 meter.

“Ada yang ngungsi, ada yang tidak,” kata Ahmad Dahlan.

Di desa ini, tercatat ada tiga rumah warga yang rusak diterjang banjir semalam. Warga lainnya, Subakir membeberkan, salah satu rumah yang rusak adalah rumah milik Kamil (70), yang tak lain tetangganya sendiri.

Baca Juga :   Lansia asal Pakuniran Terbawa Arus Sungai, Dievakuasi Pakai Sarung

Ia menceritakan, air mulai naik sekitar pukul 21.00 WIB. Tanggul penahan banjir yang dibangun di sisi sungai jebol, hingga menyebabkan air meluber dalam volume cukup besar ke pemukiman.

“Tahu tanggul jebol, Pak Kamil dipindahkan ke rumah anaknya. Jadi pas kejadian, kondisi rumah kosong,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, hujan deras mengguyur Kabupaten Pasuruan pada Selasa (08/03/2022) kemarin. Selain Pohjentrek, sejumlah desa Kecamatan Kraton juga sempat terendam banjir. (tof/asd)