Jelang Ramadan, Bagaimana Stok Sembako di Lumajang?

819

Lumajang (WartaBromo.com) Bulan Ramadan sudah tinggal beberapa hari lagi. Pemerintah kemudian melakukan pemantauan terkait ketersediaan bahan pokok di Lumajang.

Kepala Bidang Perdagangan dan Metrologi Legal Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Hisbulloh Hadi Kurniawan mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang untuk memastikan stok sembako menjelang ramadan dan idul fitri. Hasilnya, stok terpantau aman.

“Persiapan ramadan dan idul fitri, sembako ini terpantau normal, artinya adanya kenaikan (harga) masih sebatas wajar,” terangnya saat dikonfirmasi wartabromo pada Jum’at (11/3).

Namun demikian, pihaknya sudah mempersiapkan antisipasi apabila  kebutuhan pasar meningkat dan terjadi ketidakstabilan harga sembako. Salah satunya yakni dengan operasi pasar di sejumlah titik.

Baca Juga :   Tiap Hari Dengar Innalillahi di Desa hingga Pensiunan PNS Bakal Dapat Rp1 Miliar | Koran Online 30 Juli

Meski begitu, untuk menjaga terjadinya lonjakan harga dan kelangkaan sembako, Hisbullo Hadi mengimbau warga untuk tidak berbelanja atau membeli sembako di luar kebutuhan sehari-hari. Termasuk upaya penimbunan sembako, baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk dijual kembali.

“Masyarakat tidak perlu panik, belanja sesuai dengan kebutuhan saja, jangan mudah terpancing isu-isu, yang jelas pemerintah akan mengupayakan ketersediaan bahan pokok, untuk pelaku usaha jangan memanfaatkan situasi, misalkan menimbun,” pungkasnya. (rul/may)