Hadiri Pemilihan Duta Genre, Begini Pesan Bunda Fatma

837

Pasuruan (wartabromo.com) – Fatma Saifullah Yusuf menjadi ketua tim juri ajang pemilihan Duta Genre tahun 2022. Ia pun menyampaikan pesan khusus untuk Duta Genre tahun ini.

Pemilihan ini berlangsung di Gedung Gradika, Sabtu (20/03/2022).

Mengusung tema “Brave to Fight Stunting”, Fatma mengatakan tema tersebut didasarkan dari tingginya angka stunting di Kota Pasuruan. Sehingga harapannya, Duta Genre yang terpilih bisa membantu mempercepat penurunan angka stunting di Kota Pasuruan.

“Duta Genre yang terpilih nantinya harus dapat mensosialisasikan hal-hal yang mampu membantu percepatan penurunan angka stunting antara lain dengan pemenuhan gizi seimbang bagi remaja putri dan pendewasaan usia perkawinan,” tuturnya saat menyampaikan sambutan.

Apalagi angka pernikahan dini di Kota Pasuruan pada tahun 2021 naik drastis. Yakni tercatat sebanyak 176 pernikahan atau 11.92% dari total pernikahan yang merupakan pernikahan dengan usia istri dibawah 20 tahun.

Baca Juga :   Angka ODP Mendadak Tembus 1.369, Apa yang Terjadi?

Untuk itu Fatma yang juga menjabat sebagi Bunda Genre Kota pasuruan berpesan, sebagai Duta Genre harus benar-benar memperhatikan fenomena tersebut. Pasalnya, banyak permasalahan yang timbul akibat pernikahan di usia dini.

“Fenomena semacam ini harus diperhatikan, mengingat pernikahan usia dini menimbulkan banyak permasalahan. Seperti kematian ibu akibat alat reproduksi yang belum sempurna untuk hamil dan melahirkan, stunting pada anak akibat gizi ibu yang kurang baik selama proses kehamilan, KDRT, kemiskinan, dan kurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki,” Papar Fatma.

Tak cuma itu, ia melanjutkan, keberadaan Duta Genre yang juga melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK- remaja) sangat penting. Dimana nantinya mampu menjadi tempat yang digerakkan oleh pendidik sebaya dan konselor sebaya untuk berbagi informasi dan melakukan konseling seputar keremajaan.

Baca Juga :   Gunung Arjuno-Ringgit Terbakar

Mengingat, saat ini pola hidup para remaja banyak dipengaruhi oleh teman sebaya. Sebab, bercerita dan berdiskusi dengan teman sebaya dianggap jauh lebih nyaman dan lebih leluasa.

“Pemilihan Duta Genre ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk mencari sosok remaja pendidik atau konselor sebaya yang nantinya mampu menjadi panutan bagi remaja lain dalam merencanakan masa depan dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sekadar informasi, pemilihan Duta Genre ini di ikuti oleh 59 calon peserta. Adapun Izzatul Mula dan M.Nur Faizin terpilih menjadi pemenang dan menjabat sebagai Duta Genre Kota Pasuruan Tahun 2022 yang akan menjalankan tugas selama 1 tahun kedepan. (trj/**)