Inisiatif Warga Kampung Bunga Pucangan Ramaikan Ramadan dengan Pasar Takjil

879
Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul melihat salah satu produk yang ada di Pasar Takjil Kampung Bunga Pucangan. Foto: Amal Taufik.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bingung cari menu menarik untuk berbuka atau makan sahur puasa? Tak ada salahnya untuk datang ke Pasar Takjil yang ada di Kampung Bunga Pucangan.

Di Pasar Takjil yang berlokasi di Kelurahan Purworejo, Kota Pasuruan ini menyajikan beragam aneka penganan untuk santan sahur dan berbuka puasa. Dari yang ala kekinian hingga makanan tradisional.

Sebelumnya, kampung ini lebih dikenal sebagai kampung bunga. Itu karena warga setempat menghiasi jalan, gang, dinding, mereka dengan beragam jenis tanaman. Bahkan kini warga juga memiliki green house yang digunakan untuk budidaya tanaman.

“Kami mengapresiasi inisiatif dari masyarakat yang menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam menyambut Ramadan,” kata Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Minggu (03/04/2022) di sela kegiatan pembukaan Pasar Takjil tersebut.

Baca Juga :   Setelah PAN, Giliran PKS Merapat ke Gus Ipul-Adi Wibowo

Menurut Gus Ipul, kampung di Jalan Pucangan ini memiliki potensi menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Pasuruan, apalagi jika warga konsisten merawat kampung.

Untuk itu, ia mendorong agar warga tidak hanya berhenti pada budidaya bunga, melainkan juga mengembangkan pembuatan produk-produk kuliner hingga kerajinan tangan.

Tak hanya itu, Sekjen PBNU tersebut juga meminta agar warga terus konsisten membuat kampung nyaman dan ramah, terutama bagi orang luar yang berkunjung. Ke depan, pemkot siap menjadikan salah satu ikon Kota Pasuruan.

“Saya ingin ibu, bapak, sekalian bersiap-siap. Tugas saya dan pemkot menghadirkan tamu sebanyak-banyaknya. Ibu, bapak, nanti harus menyambut dengan industri kuliner, kerajinan atau dengan tempat-tempat yang nyaman,” imbuh Gus Ipul. (tof/asd)