Begini Cara Agar Mulut Tidak Bau Saat Puasa

1375

Pasuruan (wartabromo.com) – Bau mulut sering menjadi masalah saat menjalani puasa. Tak heran banyak orang mencari berbagai cara agar tidak bau mulut selama puasa.

Bau tidak sedap yang keluar dari mulut selama puasa disebabkan karena tubuh tidak makan dan minum selama berjam-jam. Karena itulah mulut jadi kering dan bau.

Lantas, bagaimana cara agar mulut tak bau? Dilansir dari beberapa sumber, berikut yang bisa dilakukan:

1. Sikat Lidah

Selama ini kebanyakan orang tak pernah menyikat lidah saat menggosok gigi. Padahal, hal ini sangat berguna untuk mencegah bau mulut, terlebih saat puasa.

Namun jangan menggunakan sikat gigi biasa, sebab bisa membuat lidah iritasi dan terluka. Ada sikat khusus lidah yang kini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko online, salah satunya di sini.

Baca Juga :   Jurnalis Liput Corona, AMSI : Utamakan Keselamatan

2. Jangan Minum yang Mengandung Kafein

Selain menyikat lidah, Bolo juga harus menghindari minuman berkafein selama puasa. Apa saja contohnya? yakni teh ataupun kopi.

Kenapa? karena menurut penelitian, minuma berkafein seperti teh dan kopi memiliki efek diuretik. Dimana efek tersebut bisa membuat mulut kering dan memicu bau mulut.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Selama puasa, tubuh kehilangan banyak nutrisi. Maka konsumsilah buah dan sayur. Bukan cuma menjaga kesehatan tubuh saja, mengkonsumsi buah dan sayur juga bisa menghindari bau mulut saat puasa.

Beberapa buah-buahan yang bisa dimakan saat berbuka atau sahur yakni semangka, jeruk, melon, bengkuang dan lain sebagainya. Serta, jangan lupa mengkonsumsi air putih yang cukup, ya. (trj/may)