Kapan Malam Lailatul Qadar Datang?

547

Pasuruan (wartabromo.com) – Salah satu momen paling ditunggu umat Islam saat bulan Ramadan adalah malam Lailatul Qadar. Malam penuh keistimewaan ini ditunggu karena lebih baik dari 1000 bulan.

Kendati demikian, tak ada satu manusia pun yang tahu kapan malam Lailatul Qadar datang. Meski begitu ada ciri khusus yang bisa dijadikan patokan kapan Lailatul Qadar datang.

Dikutip dari buku Ringkasan Hadits Sahih Al-Bukhari yang disusun oleh Imam Az-zabidi, malam Lailatul Qadar bisa dicari pada malam-malam dengan bilangan ganjil dan di sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Sebagaimana tertera dalam sebuah hadis yang Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a: Rasulullah SAW pernah bersabda: “Carilah malam qadar di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Bukhori).

Baca Juga :   Begini Tips Agar Puasa Hari Pertama Lancar

Apabila dijabarkan, maka malam Lailatul Qadar ada pada malam kesembilan atau ketujuh atau kelima dari sepuluh malam terakhir Ramadan, yaitu tanggal 21, 23, 25, 27 dan 29.

Untuk diketahui, disebut malam Lailatul Qadar karena pada malam tersebut Allah Swt menetapkan secara rinci takdir segala sesuatu selama 1 tahun (dari Lailatul Qadr tahun tersebut hingga Lailatul Qadr tahun yang akan datang).

Hal tersebut pun tertera dalam firman Allah Swt dalam Al-Qur’an surat Ad-Dukhan ayat 4 yang artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurukan Al-Qur`an pada malam penuh barakah (yakni Lailatul Qadr). Pada malam itu dirinci segala urusan (takdir) yang penuh hikmah,” (QS. Ad-Dukhan: 4). (trj/may)

Baca Juga :   Tak Segan Tembak Pelaku Kriminal, Polres Pasuruan Amankan Wilayah Jelang Lebaran

Simak video: