Inilah Keutamaan Bulan Ramadan Bagi Umat Islam

468

Pasuruan (wartabromo.com) – Ramadan adalah bulan paling mulia sebab di bulan ini segala kebaikan dilipatgandakan tuhan. Bukan sekadar berburu pahala, ada banyak keutamaan bulan Ramadan yang juga harus diketahui bagi umat Islam.

Saking istimewanya, kedatangan bulan Ramadan selalu dinanti-nanti umat Islam di seluruh dunia. Pasalnya, di bulan ini keberkahan, pahal dan segala kebaikan akan diterima oleh Allah Swt.

Lantas, apa saja keutamaan bulan Ramadan?

1. Segala Dosa Diampuni

Keutamaan bulan Ramadan yang pertama adalah bulan pengampunan dosa. Bulan Ramadan menjadi waktu terbaik untuk mengambil kesempatan bertaubat, lho Bolo.

Sebagaimana disampaikan Nabi dalam hadistnya:

Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Bukhori).

Baca Juga :   Panduan Salat Dhuha: Niat, Tata Cara, Manfaat

2. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Siapapun yang beribadah di bulan Ramadan, maka pahalanya akan dilipat gandakan Allah Swt. Keutamaan Ramadan ini pun tertera dalam suatu riwayat, Ibnu Rajab rahimahullah berkata, Abu Bakr bin Abi Maryam mengatakan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata:

Apabila telah tiba bulan Ramadan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah SWT, dan tasbih di bulan Ramadan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain.“.

3. Bulan Penuh Berkah

Barang siapa yang ingin mendapatkan keberkahan, maka jalanilah puasa Ramadan dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, keutamaan bulan Ramadan yang satu ini tak bisa didapatkan di bulan-bulan lain.

Baca Juga :   Warga Kabupaten Probolinggo, Cek Jadwal Imsakiyah Di Sini Yuk!

Keutamaan Ramadan ini pun disabdakan Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis yang artinya,

Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi). (trj/may)

Simak videonya: