Masuk Spesies Lindung, Ini Keistimewaan Sonokeling

866

Pasuruan (wartabromo.com) – Kayu sonokeling merupakan salah satu jenis kayu yang masuk dalam spesies lindung. Ada beberapa keistimewan sonokeling dibanding jenis kayu lain.

Bahkan, saking istimewanya jenis kayu ini kerap jadi incaran pelaku penebangan liar. Salah satunya seperti yang terjadi di jalan Raya Baujeng, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Rabu (27/4/2022) lalu.

Lantas, apa saja keistimewaan kayu sonokeling? Dilansir dari voi.id, berikut diantaranya:

1. Harga Jual Tinggi

Kayu sonokeling dijual dengan harga tinggi tergantung dari ukurannya. Untuk kayu sonokeling per lembar ukurannya lebih tipis dan lebar, harganya sekitar Rp1.000.000.

Sedangkan kayu sonokeling dengan satuan batang, dijual dengan harga cukup tinggi. Ukuran batang ini tergolong besar karena dapat dibagi lagi menjadi ukuran papan. Kisaran harganya  mencapai 5 juta rupiah lebih per batang.

Baca Juga :   Pemkab Ngotot Lanjut, Dewan Minta Pipanisasi Limbah Dihentikan

Kendati demikian, jika dibandingkan dengan kayu jati, sonokeling masih jauh lebih murah. Pasalnya, sonokeling tak sekuat kayu jati bila digunakan untuk kepentingan pembuatan perabotan.

2.  Punya Warna Unik

Berbeda dengan kayu pada umumunya yang berwarna coklat kehitaman, sonokeling berwarna coklat sedikit hitam keungu-unguan. Tak heran jika banyak perabotan rumah tangga yang menggunakan bahan dasar kayu sonokeling karena hasilnya lebih bagus.

Perbedaan warna ini pun membuat kayu sonokeling biasa dijadikan bahan campuran pembuatan furniture rumah tangga. Tak lain untuk menambah kesan natural dan alami khas kayu asli.

3. Multifungsi

Daya tahan tinggi dari serangan rayap dan jamur membuat kayu sonokeling cocok dijadikan berbagai bahan dasar kebutuhan rumah tangga. Mulai perabotan inti hingga pernak pernik dapur seperti gagang pisau, alat makan, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Lima Perusahaan di Beji Ini Tiga Kali Dapat Teguran

Bahkan, saking istimewanya kayu sonokeling pernah digunakan oleh perusahaan otomotif dunia seperti Mercedez benz untuk dijadikan panel-panel interior mobil produksi. Tak cuma itu, kayu sonokeling pun sering digunakan untuk pembuatan alat musik seperti gitar dan piano.

4. Nilai Estetika Tinggi

Bukan cuma warnanya yang unik, kayu sonokeling juga punya nilai estetika tinggi. Sehingga kayu ini juga sering dijadikan tiang-tiang rumah jenis joglo. Serta, difungsikan untuk berbagai aksesori berukuran kecil seperti jam tangan, pulpen, pipa rokok hingga gagang kacamata.

Nah, sekadar diketahui, kayu sonokeling merupakan salah satu jenis kayu yang tumbuh di Pulau Jawa dan kerap dipilih sebagai bahan furnitur. Kayu sonokeling juga sering disebut dengan nama sonobrit dan sonosungu. (trj/asd)