Cara Mengkonsumsi Kencur Agar Suara Menjadi Merdu, Cocok Untuk Vokalis!

469

Pasuruan (wartabromo.com) – Kebanyakan orang tidak tahu kalau kencur tak cuma digunakan sebagai pelengkap masakan. Melainkan bisa juga untuk memerdukan suara manusia.

Tapi, bagaimana caranya? Tentu tak asal diminum. Ada cara-cara khusus untuk mengkonsumsi kencur agar suara bisa menjadi merdu.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengkonsumsi kencur yang dianjurkan:

  • Bersihkan kencur dari kulitnya. Cara membersihkannya dengan mudah adalah dengan merendam dulu kencur di dalam air selama 5 menit, kemudian gores tipis-tipis dengan pisau sampai kulit kencur mengelupas.
  • Potong kencur kecil-kecil sekitar 1cm. Pemotongan ini memudahkan kandungan gizi di dalam kencur cepat keluar saat diolah nantinya.
  • Siapkan air di dalam panci dan masukkan potongan kencur. Pastikan takaran air dengan kencur seimbang dan sesuai kebutuhan. Untuk orang yang baru mencoba, cukup 1 gelas air dan 1 kencur seukuran jari kelingking orang dewasa.
  • Rebus kencur bersama air sampai mendidih. Untuk merebusnya, gunakan api kecil saja sembari aduk perlahan agar panasnya cepat merata.
  • Angkat dan sajikan seduhan air kencur. Setelah mendidih, maka air rebusan kencur siap disajikan. Disarankan untuk menyajikan dalam keadaan hangat. Bila ingin menambahkan rasa manis, maka bisa menambahkan madu.
Baca Juga :   Manfaat Kencur Untuk Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi air rebusan kencur ini? Yakni pagi hari sebelum makan dan malam sebelum tidur. Konsumsi rutin minimal 3 hari sekali dan imbangi dengan latihan vokal agar kualitas suara semakin merdu didengar, ya. (trj/may)