Lima Wisata Tretes yang Cocok Untuk Liburan

2355

Prigen (wartabromo.com) – Kabupaten Pasuruan punya banyak sekali tempat wisata yang patut dikunjungi. Salah satunya di sekitar Tretes, Kecamatan Prigen.

Akhir pekan telah tiba. Waktunya menikmati liburan bersama keluarga. Yuk simak rekomendasi wisata di Tretes yang bisa kamu kunjungi:

1. Air Terjun Putuk Truno

Tempat wisata ini terletak di Jalan Putuk Truno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Termasuk dalam wisata populer di wilayah Trettes.

Air Terjun Putuk Truno memiliki ketinggian 45 meter. Di sekitar air terjun, masih banyak sekali pepohonan, yang membuat tempat wisata ini sejuk.

Aksesnya mudah dan bisa dilewati wisatawan dengan kendaraan. Jadi bolo warmo tidak perlu susah trekking jika berlibur ke sini.

Baca Juga :   Ini Penampakan Tretes saat Zaman Koloni Belanda

2. Air Terjun Kakek Bodo

Berikutnya ada Air Terjun Kakek Bodo, yang berlokasi di Jalan Taman Wisata nomor 541, Kecamatan Prigen. Sama dengan Putuk Truno, Kakek Bodo juga tempat wisata populer di Prigen.

Nah, untuk sampai di tempat ini, bolo warmo harus melewati tangga. Namun jangan khawatir, aksesnya cukup mudah kok. Apalagi di sepanjang jalan ada warung yang bisa didatangi.

Air Terjun Kakek Bodo memiliki ketinggian 40 meter. Tempatnya juga banyak pepohonan dan sangat sejuk.

3. Air Terjun Coban Centong

Tempat yang juga populer disebut Gerojokan Centong ini terletak di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Prigen. Berdekatan dengan Air Terjun Kakek Bodo. 

Baca Juga :   Buka Jalan ke “Pintu Langit”

Air terjun ini masih sangat alami. Trek yang dilalui juga cukup susah. Karena kamu harus menyusuri sungai dan lembah. Tapi pemandangan yang disaksikan juga setimpal.

Namun jangan coba ke sini kalau sedang hujan. Sebab jalur seringkali banjir dan licin. Sehingga berbahaya.

4. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar ada di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, tepatnya di lereng gunung Arjuna. Kalau tertarik ke sini, bolo warmo harus melakukan treking dengan menyusuri hutan. Cocok untuk orang yang suka berpetualang.

Nah, air terjun ini sangat unik. Karena punya banyak tingkatan airnya. Jadi kamu tinggal pilih mau menikmati di area mana. 

Selain itu, air terjun ini juga ada jika musim hujan. Untuk itu, bolo warmo harus berhati-hati, karena biasanya jalannya licin. Sebaiknya datang waktu pagi saat belum hujan.

Baca Juga :   Libur Lebaran, Wisata Puncak Tretes Ramai Pengunjung

5. Wisata De’Picnic

Kita tutup rekomendasi tempat wisata kali ini dengan De Picnic. Seperti namanya, tempat ini cocok untuk piknik bersama keluarga. Karena berada pada perbukitan dan spot hijauan yang cantik.

Ada beberapa spot wisata yang bisa kamu nikmati. Seperti area camping ground, playground untuk outbond hingga berkuda. 

Tak perlu khawatir, karena tempat wisata ini memiliki banyak fasilitas. Termasuk tempat untuk makan jika bolo warmo tak membawa perbekalan. (may)