Pantangan yang Harus Dihindari Setelah Membersihkan Karang Gigi

618

Pasuruan (wartabromo.com) – Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan membersihkan karang gigi. Namun, hendaknya tahu pantangan yang harus dihindari setelah membersihkan karang gigi.

Hal ini penting agar gigi tidak terasa nyeri dan karang gigi tidak muncul kembali. Dilansir dari hellosehat.com, ada 3 hal yang tidak boleh dilakukan setelah membersihkan karang gigi.

Apa saja?

1. Makanan dan Minuman yang Terlalu Panas atau Dingin

Harus diketahui, setelah gigi dibersihkan karangnya maka tingkat kesensitifan gigi akan meningkat. Kesensitifan ini akan kurang lebih akan terasa sama satu minggu.

Oleh karena itu, hindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin. Pasalnya, nanti akan membuat gigi terasa ngilu dan keropos.

Baca Juga :   Ini Ramuan Herbal Untuk Pasien Covid-19 Saat Isoman

2. Makanan Bertekstur Keras

Setelah gigi dibersihkan dari karang, proses mengunyah makanan pun mungkin tidak senyaman biasanya. Pasalnya, sensitivitas gigi sedang meningkat dan terasa ngilu sampai gusi.

Oleh karena itu, pastikan tidak memilih makanan dengan tekstur yang alot dan membutuhkan tenaga lebih untuk mengunyah, seperti daging atau buah apel yang utuh.

3. Rokok dan Alkohol

Air liur dalam mulut berguna untuk membantu makanan dan plak tidak mudah menumpuk di gigi. Mulut yang kering dan kekurangan air liur disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah minum alkohol dan merokok.

Rokok dan alkohol dapat mengurangi produksi air liur di dalam mulut. Hal ini tentunya dapat menyebabkan mulut kering dan lebih mudah terjadi penumpukan plak.

Baca Juga :   Kram Perut di Trimester Pertama, Normalkah?

Itu dia pantangan yang harus dihindari setelah membersihkan karang gigi. Jangan lupa untuk diterapkan ya! (trj/may)