Gus Ipul Siapkan Wisata Religi Terintegrasi di Alun-alun Kota Pasuruan, Begini Rencananya…

528

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf membeberkan rencana pembangunan wisata religi terintegrasi di alun-alun Kota Pasuruan, Senin (27/06/2022).

Rencana tersebut disosialisasikannya pada para Pedagang Kaki Lima (PKL) dan sejumlah warga Kota Pasuruan di gedung Gradhika Bhakti Praja, Purworejo, Kota Pasuruan.

Dalam sambutannya, pria yang familiar disapa Gus Ipul ini menyatakan, sosialisasi mengenai rencana pembangunan kawasan religi terintegrasi sudah dilakukan kontinu. Bahkan, sejak ia dilantik pada 2021 lalu.

Mengingat, alun-alun adalah jantung Kota Pasuruan yang berkontribusi besar meningkatkan perekonomian warga sekitar. Didukung dengan ikonik Kota Pasuruan sebagai Kota Madinah.

“Kota Pasuruan dianugerahi potensi wisata religi yang sangat besar dengan adanya makam Kyai Hamid yang terletak dekat dengan Alun-Alun. Kita ingin wisatawan yang datang tidak hanya berziarah, namun juga menikmati kawasan sekitar dan membelanjakan uangnya di situ,” ujarnya.

Baca Juga :   Skor Kecil, Kota Pasuruan Masuk Daerah Kurang Inovatif

Untuk itu, demi memaksimalkan potensi tersebut, Ia berupaya menjadikan ikonik Kota Pasuruan semakin kuat dengan membangun kawasan wisata religi terintegrasi. Berbagai program pun telah disiapkannya untuk mematangkan rencana pembangunan.

Lebih lanjut ditambahkannya, terdapat beberapat sasaran revitalisasi yang akan digarap oleh Pemkot Pasuruan. Diantaranya pembangunan payung Madinah, revitalisasi drainase dan trotoar, revitalisasi taman dan tugu alun-alun.

Tak hanya itu, revitalisasi pun dilakukan di kawasan water tower sebagai sentra PKL dan pusat oleh oleh. Kemudian revitalisasi penerangan jalan umum dan fasilitas keselamatan, serta penataan PKL agar lebih rapi.

“Tujuan pemkot merevitalisasi alun-alun ini semata mata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pasuruan. Ribuan wisatawan datang untuk berziarah, jika semakin banyak yang datang ke Kota Pasuruan dan kerasan, otomatis pendapatan para pedagang akan meningkat,” papar Gus Ipul.

Untuk menjalin kesepakatan bersama, dalam kesempatan tersebut Gus Ipul memberikan kesempatan pada semua yang hadir untuk menyampaikan masukan serta menyampaikan uneg-uneg terkait program revitalisasi alun-alun. (trj/**)