Lewat Aplikasi “Siap Pak RT”, Laporan Data Kependudukan di Kota Pasuruan Makin Mudah

871

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan meluncurkan aplikasi layanan kependudukan bernama “Siap Pak RT”. Aplikasi ini nantinya akan membantu semua ketua RT untuk melaporkan data kependudukan di wilayahnya.

Aplikasi ini dilaunching di Kantor Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo, pada Rabu (13/07/2022) pagi.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, dengan adanya aplikasi ini, pelayanan kependudukan akan menjadi lebih mudah.

“Pak RT bisa berhubungan dengan warga dari mana saja,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul meminta semua ketua RT di Kota Pasuruan bisa mengakses aplikasi ini. Ketua RT bisa melaporkan perpindahan, pertambahan, dan kematian penduduk secara online.

Dengan makin dimudahkannya laporan kependudukan tingkat di tingkat RT, mantan Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut berharap, Pemkot Pasuruan setiap saat bisa memiliki laporan kependudukan secara real time.

Baca Juga :   Gorong-gorong Tol Diduga Jadi Penyebab Gempol Kebanjiran

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Siti Maryam menambahkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke semua kecamatan.

“Harapan kami semua ketua RT segera menggunakan aplikasi ini, sehingga kami punya data kependudukan secara real time,” kata Maryam. (tof/**)