Bahaya Tidur Overtime, Berbagai Masalah Kesehatan Rawan Menyerang Tubuhmu!

151

Pasuruan (WartaBromo.com) – Setiap manusia pasti butuh tidur untuk merecharge energi pasca beraktivitas seharian. Idealnya, manusia butuh tidur minimal 8 jam sehari.

Namun, bagaimana jika lebih dari 8 jam? Ternyata bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Bahkan, jika menjadi kebiasaan bisa mempercepat kematian.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, dalam jangka panjang, ada beberapa bahaya tidur terlalu lama yang bisa terjadi bila sering dilakukan, yaitu:

1. Sakit Punggung

Masalah kesehatan yang umumnya muncul akibat tidur overtime tidur adalah sakit punggung. Rasa sakit ini akan muncul ketika tidur dengan posisi tidur yang sama, terutama posisi telentang.

2. Sakit Kepala

Orang yang tidurnya lebih dari 8 jam sehari biasanya karena di siang hari kesulitan beristirahat. Nah, kejadian ini membuat seseorang berisiko mengalami sakit kepala.

Baca Juga :   3 Peristiwa Paling Aneh Saat Tidur yang Dikaitkan dengan Hal Mistis

Hal ini terjadi karena tidur terlalu lama dapat memengaruhi kerja senyawa kimia di otak (neurotransmitter) seperti serotonin. Ketika kinerja zat tersebut terganggu, aktivitas saraf di otak akan bermasalah.

3. Obesitas

Merasa berat badan cepat naik walau tak makan banyak? Coba koreksi waktu tidurmu, Bolo. Pasalnya, sebuah penelitian mengungkapkan orang yang tidur lebih dari 9–10 jam di malam hari berisiko mengalami obesitas.

4. Mengidap Penyakit Jantung

Beberapa studi menunjukkan bahwa risiko terjadinya penyakit jantung dapat meningkat pada orang yang sering tidur berlebihan atau kurang tidur.

Penyebab terjadinya hal ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, gangguan tidur diketahui dapat membuat metabolisme dan kinerja organ tubuh menjadi bermasalah.

Baca Juga :   Ini Penyebab Sering Lemas Saat Bangun Sahur

5. Gangguan Mental

Parahnya lagi, orang yang waktu tidurnya over berpotensi terkena gangguan mental. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa membuat depresi yang dialami semakin parah.

Selain itu, tidur terlalu lama juga berisiko membuat seseorang berisiko mengalami gangguan cemas, ulit konsentrasi, berkurangnya daya ingat atau gangguan memori, dan mudah lelah. (trj)