Tips Menyimpan Pakan Ikan Agar Tahan Lama

91

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai peternak ikan tentu harus memahami tips menyimpan pakan ikan agar tetap tahan lama. Pasalnya, Pakan merupakan komponen penting dalam usaha budidaya ikan.

Untuk itulah, akan yang diberikan harus senantiasa dalam keadaan baik. Tak lain agar nutrisi yang terkandung dalam pakan bisa terserap dengan baik saat dikonsumsi ikan.

Lantas, bagaimana tips menyimpannya dengan benar? Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips yang bisa diterapkan:

1. Gunakan Metode Penyimpanan yang Tepat

Ada dua metode penyimpanan pakan ikan yang harus dipahami peternak. Pertama, metode penyimpanan di suhu dingin menggunakan lemari pendingin.

Kedua, metode penyimpanan pada udara kering yang memanfaatkan sinar matahari. Pakan bisa dijemur setiap hari dengan tujuan mereduksi air, sehingga tingkat kelembaban pada pakan menurun drastis.

Baca Juga :   Calon Bunda Merapat, Yuk Ketahui Cara Merangsang Kontraksi Agar Bayi Cepat Lahir!

2. Pastikan Kualitas Pakan

Sebelum membeli pakan ikan, pastikan pakan tersebut berkualitas baik. Pilihlah pakan ikan yang mengandung kadar air maksimal 13%, sehingga pakan tidak mudah ditumbuhi jamur.

Dengan kadar tersebut pakan ikan pun bisa disimpan dalam waktu lama. Nah, salah satu pakan ikan terbaik yang direkomendasikan adalah klik di sini.

3. Kontrol Gudang Penyimpanan Makanan Secara Berkala

Bagi peternak ikan yang memiliki ruangan khusus penyimpanan, maka selalu kontrol keadaan ruangannya. Beberapa parameter yang dapat diamati adalah suhu dan kelembaban.

Jangan lupa pula memastikan tidak ada hewan-hewan lain di dalam gudang yang berpotensi merusak pakan. Waktu ideal untuk mengontrol ruangan pakan adalah 3 hari sekali. (trj)