Agustusan, Donat hingga Onde-onde Merah Putih Diburu Warga

181
Agustusan, Donat hingga Onde-onde Merah Putih Diburu Warga

Pasuruan (WartaBromo.com) – Puncak HUT Kemerdekaan RI ke-77 akan segera dilaksanakan. Sejumlah warga memanfaatkan momen tersebut untuk berburu kuliner bernuasa merah putih.

Seperti yang terlihat di salah satu toko kue di Jalan Hayam Wuruk, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Puluhan warga mencari kue bernuansa kemerdekaan untuk dijadikan hadiah hingga perayaan HUT kemerdekaan.

Beragam kue yang tersedia mulai dari onde-onde merah putih, donat merah putih, roti tawar merah putih, kue tart kemerdekaan, brownies, kue sisir hingga basah dan kering.

Lolly Herawati (34), warga Kelurahan Petahuan, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan mulai sibuk mencari sejumlah kuliner yang bernuasa merah putih sejak awal Agustus lalu. Selain menjadi panitia lomba Agustusan, Ia juga banyak memesan kue yang digunakan untuk acara HUT RI lainnya.

Baca Juga :   Bangkitkan Semangat Kebangsaan, Diskominfo Keliling Desa

“Ini kan momennya Agustusan, di acara-acara kemerdekaan di kampung itu selalu cari kuliner nuansa merah putih,” kata Loly, Senin (8/8/2022).

Jajanan yang banyak dicari untuk kegiatan lomba-lomba Agustusan adalah donat, onde-onde hingga camilan mini lainnya. Menurutnya, di kampung banyak warga dan anak-anak yang secara langsung mendapatkan hadiah hiburan berupa kue.

“Lomba-lomba itu kan biasanya anak-anak suka hadiah hiburan, itu disediakan hadiah hiburan berupa jajanan khas kemerdekaan,” ucapnya.

Roikhiyah (51), ibu rumah tangga ini juga memanfaatkan momentum kemerdekaan untuk memesan kue ulang tahun. Ia memilih membeli kue merah putih untuk dibagikan kepada warga.

“Mumpung pas kemerdekaan, jadi beli kue-kue berbalut merah putih,” katanya.

Baca Juga :   Sukacita Warga Binaan Lapas Probolinggo Berebut Kuis Kemerdekaan

Cynthia Dewi, pemilik toko tersebut mengatakan, setiap tahun ide tentang membuat resep kemerdekaan selalu ia siapkan. Mulai dari awal Agustus seluruh karyawannya disibukkan untuk membuat kue basah dan kering.

“Berawal dari HUT RI ini, ide membalut sejumlah kue merah putih ia terapkan untuk memikat masyarakat,” katanya.

Menurutnya, untuk resep pembuatan kue tersebut tidaklah susah. Perbedaan yang menonjol dari kue-kue biasanya terlihat di warnanya yang merah putih.

“Cukup dibalur dengan warna merah putih,” tandanya.

Dalam sehari, ia mampu menjual ratusan kue dengan tema kemerdekaan. Paling dicari dan dipesan oleh masyarakat adalah kue donat merah putih dan onde-onde merah putih.

Harganya bervariasi, mulai dari Rp5000 -Rp8000 per kuenya. Untuk kue tart berada diharga Rp150 ribu – Rp350 ribu per satu kue.

Baca Juga :   Panjat Pinang, Lomba Kemerdekaan dengan Sejarah Kelam

“Yang laris donat, donat bisa 400 pcs perhari,” tuturnya. (don/may)