Meriahkan HUT RI ke-77, Puluhan Nelayan di Lekok Lomba Balap Perahu

246

Lekok (WartaBromo.com) – Puluhan nelayan di Desa Wates, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan menggelar lomba balap perahu, Sabtu (13/8/2022). Acara ini untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Suasana berbeda terlihat saat puluhan nelayan di wilayah Lekok, Kabupaten Pasuruan libur tak melaut. Kali ini, warga malah berbondong-bondong datang ke laut hanya untuk menyaksikan lomba balap perahu.

M. Tholip, Pantia lomba mengatakan, ada sekitar 27 perahu yang dibagi menjadi 2 kategori, yakni perahu kecil dan besar. Dalam sebuah perahu tersebut ada dua nahkoda yang bertugas untuk mengendalikan dan mengatur mesin.

“Balap kapal, ini memang sudah tradisi warga sini, utamanya menyambut 17 Agustus,” tutur Tholip.

Baca Juga :   Modin Desa Pakukerto Raih Hadiah Utama dalam Gowes Lereng Arjuna 2019

Para peserta berpacu memenangkan lomba dengan jarak tempuh balapan sekita 2,5 kilometer.

“Untuk hadiah juara satu Rp 3 juta, juara dua Rp 2 juta dan juara tiga Rp 1 juta,” jelasnya.

Makhrus, Kepala Desa Wates mengatakan, warga sudah kangen dengan suasana lomba-lomba yang tak digelar selama dua tahun lalu karena pandemi covid-19. Untuk itu, pihaknya mengadakan lomba balap perahu ini untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI yang ke-77.

“Acara ini digelar untuk ikut memeriahkan HUT RI ke-77, karena warga di sini mayoritas nelayan,” tuturnya.

Sementara itu, Aipda Laswanto, anggota Polairud Polres Pasuruan menjelasakan, pihaknya memantau kegiatan untuk mengantisipasi jika ada hal tidak diinginkan. Acara lomba tersebut juga berjalan lancar, tak ada kerumunan besar dalam kegiatan itu.

Baca Juga :   Level 2, Pembelajaran Tatap Muka di Kota Pasuruan Turun Jadi 50 Persen

“Lancar, seru, semua warga antusias,” katanya. (don/may)