Meriahkan Kemerdekaan, Gowes Bareng “BHS” Barisan Haji Sobri

187

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ajang pemanasan menuju suksesi Pilkada Pasuruan 2024 mulai terlihat. Paling tidak embrio itu bisa dilihat dari kesiapan beberapa tokoh yang mulai menghimpun suara.

Himpunan suara itu bisa dilihat dari aksi para gowesser memperingati Kemerdekaan RI pada Minggu pagi (28/08/2022). Hampir seribu gowesser memadati halaman kantor PCNU Bangil. Di kostum mereka tertera nama BHS. Singkatan dari Barisan Haji Sobri.

Mereka mengitari rute sejauh 15 KM. Mulai dari kantor PCNU di Kenep Beji ke selatan menuju Tanggul – perbatasan Pandaan. Lalu, mengitari desa Banjarsari, Banjarkejen, Kolursari hingga finish di halaman rumah H Sobri Sutroyono di Jl Mangga, belakang pasar Bangil.

Baca Juga :   Peringati Tahun Baru Islam dan HUT RI, PLN UP3 Pasuruan Gelar Khitanan Masal
Para peserta memasuki garis finis.

H. Sobri sendiri saat ini adalah Ketua Tanfidziyah PCNU Bangil. Di depan awak media, ia menegaskan jika Gowes yang dihadiri banyak peserta ini bukan untuk memanaskan mesin politik.

“Kalau soal itu (Pilkada 2024) itu masih jauh. Jadi ndak memikirkan hal itu,” kilah H Sobri usai pengibaran bendera Start Gowes bersama Ketua Syuriyah PCNU Bangil, KH Abdur Rohim dan pengurus lainnya.

Kendati H Sobri masih belum memutuskan kesiapan maju ke kontestasi politik jelang Pilkada Kabupaten Pasuruan 2024, namun suasana gowes pagi tadi kental dengan nuansa pengusungan dirinya. Hal itu bisa dilihat dari kostumyang dikenakan para peserta yang menampakkan dirinya sebagai tokoh utama.

Selain itu, di panggung finish, teriakan dan yel-yel menyebut H Sobri untuk 2024 juga membahana. Bahkan, beberapa lagu yang dinyanyikan musisi berjudul “Joko Tingkir” digubah syairnya menjadi begini;    

Baca Juga :   Tingkatkan Ekonomi Umat, Pemprov Jatim Dukung Pertamina Kembangkan Pertashop dan Pangkalan LPG di Pesantren

Jogo parkir ngumbeh dawet

Ojo dipikir marai mumet

Tuku es nek kota Medan

Milih BHS demi masa depan. (Syair akhir diulangi lagi dan dinyanyikan serempak semua peserta yang hadir). Ada lagi;

Layangan Muluke Duwur

Pasuruan bakal terus makmur

Iwak teri Iwak Toman

Abah Sobri Nyatane Loman(diulangi lagi oleh para peserta gowesser dan masyarakat yang hadir).

Ajang gowes pagi tadi bukan saja dihadiri para peserta dari wilayah Pasuruan barat. Sebagaimana wilayah “kekuasaan” PCNU Bangil. Seperti Rembang, Bangil, Beji, Gempol, Pandaan, Prigen, dan Sukorejo. Namun juga dihadiri beberapa tokoh PCNU Kabupaten Pasuruan.

Hadir Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin. Lalu, Gus Faidillah Nasor, Gus Nasih Nasor, Gus Yazid dan beberapa pengurus PCNU Kabupaten Pasuruan lainnya. Hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan.  

Baca Juga :   Disperindag Berikan Kenyamanan Pengunjung; Ayo, Sobo Pasar!

Acara gowes ditutup dengan pengundian hadiah atau doorprise. “Pokoke BHS kudu maju. Nyalon Bupati atau Wakil Bupati. Titik,” koar H Ahmad, tokoh masyarakat yang juga bendahara PCNU Bangil. (day/*)