Ini 3 Ciri Orang Tua yang Merusak Mental Anak

280

Pasuruan (WartaBromo.com) – Semua orang tua tentu ingin melihat anaknya sukses. Berbagai cara pasti dilakukan agar keinginan tersebut tercapai.

Sayangnya, sebagian orang tua justru menerapkan cara yang toxic untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga, anak merasa terbebani dan mentalnya menjadi drop.

Dilansir dari berbagai sumber, sebuah penelitian mengungkapkan gaya pengasuhan dan kesehatan mental orang tua berdampak pada anak-anak. ermasuk orang tua dapat mewariskan gangguan kesehatan mental kepada anak-anak.

Lantas, apa saja ciri-ciri orang tua yang bisa merusak mental anak?

1. Suka Menghukum Anak di Depan Orang Lain

Tak jarang, orang tua marah, berteriak, bahkan menghukum anaknya di depan orang lain. Tindakan ini biasanya dilakukan agar anak merasa jera dan malu.

Baca Juga :   Simak Bun, Ini Dia Tips Mengejan Saat Persalinan

Padahal, menghukum anak di depan umum bisa merusak kepercayaan diri. Jika terus dibiasakan, anak pun akan cenderung merasa rendah diri hingga mereka tumbuh dewasa.

2. Gemar Memberi Kompensasi Berlebihan

Orang tua yang gemar memberikan kompensasi berlebihan biasanya berkaca dari pola asuh yang diterima di jaman dahulu. Mereka menganggap, memberikan kompensasi pada anak bisa menumbuhkan semangat.

Sayangnya, kompensasi semacam itu termasuk berlebihan dan tidaklah baik bagi anak-anak. Alhasil, anak mungkin akan merasa ditinggalkan dan tidak dibutuhkan lagi.

3. Bertindak Agresif pada Anak

Anak-anak akan belajar bagaimana menghadapi masalah atau kesulitan dengan cara memerhatikan orang tua mereka. Nah, para orang tua biasanya akan merasa agresif bila masalah yang timbul berasal dari anak.

Baca Juga :   Awas! Ini Bahaya Ayunan Bayi yang Tak Banyak Diketahui

Sikap kasar kepada anak akan membuat anak memiliki emosi negatif. Serta, secara tidak langsung membuat anak tak bisa memanajemen perasaan serta emosi, akhirnya anak menjadi pribadi yang temperamental. (trj)