Ini Pemenang Lomba Jurnalistik Lingkungan Gelaran WartaBromo-Coca Cola

197
Sejumlah jurnalis saat mengikuti diskusi lingkungan 'Pilah Sampah dari Rumah, Apa Susahnya?' yang digelar WartaBromo bersama Coca Cola, 18 Juli 2022 lalu.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Setelah hampir satu bulan, proses penjurian lomba jurnalistik yang digelar WartaBromo bersama Coca Cola Europasific Partners (CCEP) Indonesia akhirnya tuntas.

Tim juri yang terdiri dari Direktur Konten Wartaabromo, Asad Asnawi; Corpprate Affair Manajer CCEP Indonesia, Anang Zakaria; dan Ketua FKPL, Tony telah memilih tiga tulisan terbaik.

Koordinator tim juri Asad Asnawi menyebut, pihaknya memerlukan waktu agak lama lantaran sebagian tulisan memiliki kualitas yang hampir sama.

“Untuk menentukan tulisan mana yang terbaik dari yang terbaik saja, diskusinya sampai harus dilanjut lain hari,” katanya. Menurutnya, salah satu poin penting yang nenjadi kriteria penilaian adalah kelengkapan dan kedalaman cerita.

Berdasar pembobotan ini, tim juri kemudian memutuskan tiga tulisan yang masuk sebagai pemenang. Juara Pertama diraih Mahfud (tugujatim.id) dengan judul Perjuangan Warga Gempol Pasuruan Kelola Berton-ton Sampah hingga Buat Alat Pirolisis Limbah Plastik.

Baca Juga :   DLH Akan Uji Air Pantai Bohay

Juara kedua diraih Muhajir Arifin (detik.com) dengan judul karya Desa di Pasuruan Ini Menuju Merdeka Sampah Lewat Para Pemuda. Dan, juara ketiga diraih Isbi (kabardaerah.com) dengan karya berjudul Warga Kepulungan Tidak Hanya Memilah Sampah, Petugas Sampah Harus Ada BPJS.

Corporate Affair Manajer CCEP Indonesia, Anang Zakaria menyebut, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mendorong insan jurnalis lebih aware terhadap isu lingkungan. Terutama sampah.

“Dan sebetulnya ada banyak praktik baik yang layak untuk dipublikasikan sehingga bisa merangsang masyarakat lain untuk melakukan hal serupa. Atau bahkan bisa lebih baik,” katanya.

Dirinya berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan rutin tiap tahun. Tentu dengan desain dan kemasan yang lebih menarik. “Terakhir, saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Teruslah berkarya,” pungkas Anang. (don/asd)