Ratusan Warga di Pasrepan Krisis Air Bersih

268
Warga di Pasrepan mengantre bantuan air bersih. Foto: Romadoni.

Pasrepan (WartaBromo.com) – Ratusan warga di wilayah Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan alami krisis air bersih. Pemandangan itu berlangsung sejak dalam dua bulan terakhir.

Pantauan WartaBromo.com, dua desa yakni Desa Sibon dan Desa Mangguan, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan sudah mengalami kekeringan beberapa waktu yang lalu. Puluhan jerigen yang ditata warga sudah menunggu bantuan air bersih dari pemerintah maupun kepolisian.

Sholihati (24), warga Desa Mangguan, Kecamatan Pasrepan mengatakan, ia dan warga sekitar setiap tahun memang sering merasakan krisis air bersih. Selama itu pula ia selalu menunggu bantuan air bersih datang dari Pemerintah. “Angel (susah), antre menunggu ini air bersih dari pemerintah,” kata Sholihati, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga :   Busa Limbah di Pantai Bohay Disebut Tak Berbahaya

Pemandangan sama juga terlihat di Desa Sibon, Kecamatan Pasrepan. Warga ramai-ramai mengantri distribusi bantuan air bersih yang kebetulan disalurkan Polres Pasuruan.

Menurut Ulia (21) salah satu warga menjelaskan, krisis air bersih di desanya sudah menjadi agenda rutin setiap tahun. Menurutnya, kurangnya pasokan air bersih turut mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk bisa mendapatkan air bersih, dirinya bahkan harus pergi jauh ke desa tetangga. Ia harus diantar bekendara puluhan kilometer untuk meminta air bersih pada sanak saudaranya yang mempunyai sumur bor.

“Buat mandi, masak, nyuci. Kalau mau cari air jauh ke desa ledok Pasrepan sana, sepeda motoran buat ngambil air bor numpang ke saudara,” keluhnya.

Baca Juga :   Sungai Jadi TPA Dadakan, DLH Akan Bangun TPST di Lekok

Sementara itu, Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama Gabunagi menyatakan jika hari ini pihaknya menyalurkan 32.000 liter bantuan air bersih di Desa Sibon dan Desa Mangguan.

“Bantuan suplai air bersih ke masyarakat sebanyak kurang lebih 492 kepala keluarga,” kata Bayu. (don/asd)