Kota yang Hilang di Indonesia, Salah Satunya Dianggap karena Hal Gaib

415

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tak banyak orang tahu kalau di dunia banyak kota-kota yang hilang. Di Indonesia pun terdapat beberapa kota yang hilang dan kerap dikaitkan dengan mitos.

Dilansir dari berbagai sumber, kota-kota tersebut hilang karena bencana alam. Ada juga yang dianggap hilang karena hal-hal gaib di masa lalu.

Penasaran kota mana saja yang hilang di Indonesia?

1. Kota Saranjana

Kota ini disebut ada di Kalimantan Selatan. Menurut cerita, kota ini adalah kota modern yang berada di alam gaib.

Konon yang sudah masuk Saranjana tidak akan pernah bisa pulang lagi. Menariknya, berdasarkan sebuah peta buatan Salomon Muller pada 1845, ada sebuah wilayah yang bernama Tandjong Sarandjana.

Baca Juga :   Seram! Ada 3 Hantu di Dunia yang Sering Mengincar Bayi

2. Dukuh Legetang

Masyarakat Dieng, Jawa Tengah pasti tak asing dengan cerita mengenai kota Dukuh Legetang yang dikabarkan hilang. Dukuh Legetang menghilang dalam satu malam karena terkena timpaan longsor dari Gunung Pengamun-amun, pada 16 April 1955.

Korban yang berjatuhan tercatat sebanyak 351 orang, terinci dengan 332 berasal dari Dukuh Legetang dan 19 dari dukuh lain. Banyak desas desus beredar mengenai hilangnya dukuh dalam semalam.

3. Porong

Masih segar dalam benak siapapun, kejadian semburan lumpur panas yang ada di Sidoarjo. Kejadian yang termasuk dalam salah satu bencana nasional paling buruk yang terjadi sehabis masa reformasi.

Sebanyak 21 desa hilang dan tenggelam secara perlahan-lahan. Awal mula bencana ini terjadi di persawahan di Kelurahan Siring, Kecamatan Porong yang dalam waktu tiga minggu menenggelamkan 90 hektar tanah. (trj)