Cara Mengikhlaskan Anak yang Sudah Meninggal

365

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kehilangan seseorang terutama anak yang sudah meninggal memang bukan hal yang mudah diterima. Namun, masih ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengikhlaskannya.

Terlebih pasca tragedi maut yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Tak sedikit para orang tua yang terpukul mendapati kabar anaknya meninggal akibat tragedi tersebut.

Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Beri Waktu Diri untuk Menerima Kenyataan

Beberapa hari pasca ditinggal oleh anak yang sangat disayangi adalah hari-hari berat yang harus dilalui. Berilah waktu untuk diri sendiri agar dapat menerima takdir Tuhan.

Perasaan sedih, syok, dan menyesal adalah hal wajar yang dirasakan oleh setiap orang kehilangan. Namun marah pada Tuhan atas kehendak-Nya tentu bukan hal yang benar.

Baca Juga :   Tips Jadi Orang Tua yang Menyenangkan Bagi Si Buah Hati

2. Perbanyak Doa

Agama apapun mengajarkan penganutnya mengandalkan doa dalam segala hal. Pasalnya, doa bisa membuat sirna perasaan sedih dan khawatir, terutama selepas ditinggal kepergian anak.

Doakan agar semua dosa anak dapat diampuni, juga diterima setiap amal ibadahnya. Semakin banyak berdoa, maka berangsur-angsur hati akan menjadi semakin kuat.

3. Ingat Kenangan Indah dan Maafkan Semua Kesalahan Anak

Rasa rindu kepada anak yang sudah meninggal pasti sering muncul. Bila rasa ini muncul, maka usahakan mengingat semua kenangan indah bersama anak.

Usahakan juga untuk memaafkan semua kesalahan yang pernah dilakukan anak. Dengan begitu, hati akan lebih lapang, tenang dan akan merasa ikhlas. (trj)