Sebelum Dinyatakan Gagal Ginjal, Balita Asal Grati yang Meninggal Sempat Konsumsi Sirop Ini

1238
Muhammad Ali Subadar Hidayatullah, balita asal Grati yang meninggal usai dinyatakan alami gagal ginjal akut.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Balita berusia satu tahun asal Desa Kebonrejo, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan meninggal akibat gagal ginjal akut. Menurut keluarga, sang bayi sempat meminum obat sirop.

Almarhum Muhammad Ali Subadar Hidayatullah (1) divonis menderita gagal ginjal akut anak dan meninggal pada Jumat (21/10/2022), tepat seminggu dirawat di RSUD Dr Soetomo, Surabaya.

Ayah korban, Muhammad Sufian Sauri (30) menjelaskan, anaknya sempat meminum obat sirop merk sanmol beberapa minggu sebelum dirawat di rumah sakit.

“Awalnya demam tinggi, saya minumkan obat sirup, merknya sanmol. Minumnya sudah agak lama, waktu itu diminum sampai habis. Cuma pas waktu sakit dikasih puyer sama bidan,” kata Sufian saat ditemui di rumah duka pada Sabtu (22/10/2022) pagi.

Baca Juga :   Balita Asal Grati Meninggal karena Gagal Ginjal Akut

Menurut informasi yang didapat, obat sirop yang dikonsumsi anak Sufian tersebut adalah obat yang dilarang beredar sementara oleh Kementerian Kesehatan.

Meski demikian, Sufian mengaku bahwa awalnya tidak tahu obat sirop Sanmol yang diminumkan kepada anaknya mengandung bahan senyawa kimia berbahaya yang sempat ramai diperbincangkan.

“Biasanya kalau demam ya minumnya sirop itu, minumnya kemarin sampai habis,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang balita asal Desa Kebonrejo, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan meninggal dunia akibat penyakit gagal ginjal akut misterius.

Balita pasangan suami istri Muhammad Sufian Sauri (30) dan Nur Amala (27) ini dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (21/20/2022) sekitar pukul 15.00 wib setelah mendapat perawatan di RSUD dr Soetomo Surabaya. (don/asd)